MAKASSAR – Mengatur keuangan bukanlah hal mudah yang bisa dikerjakan semua orang. Apalagi dengan gaya hidup yang berbeda, tentunya masing-masing orang menemukan tantangannya sendiri. Ketika keuangan dalam keadaan terbaiknya di tanggal muda, terkadang kita pun merasa terlena dan menjadi impulsif adalah salah satu kebiasaan yang harus dikurangi apalagi jika memiliki tanggungan.

Melansir dari laman Smartpresence.id, berikut cara mengatur keuangan yang baik.

 

  1. Kontrol diri sendiri

Tentu cara yang pertama adalah dengan mengontrol diri sendiri terlebih dahulu. Pasalnya memang kadang nafsu menjadi lebih tinggi akibat merasa punya uang banyak. Apalagi ketika habis gajian, rasanya pasti hanya ingin membahagiakan diri setelah bekerja keras selama satu bulan.

Memang membahagiakan diri sendiri itu perlu dan menjadi kebutuhan. Tapi jangan sampai berlebihan. Yang penting adalah jangan sampai jumlah pengeluaran lebih banyak daripada pemasukan. Apalagi jika Anda pun masih memiliki cicilan atau hutang yang harus dibayarkan setiap bulannya.

 

  1. Mencatat keseluruhan anggaran

Tentu hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah mencatat semua anggaran. Mungkin tak harus mencatat keseluruhan anggaran secara detail dan mendalam. Anda bisa mengawalinya dengan mencatat semua pengeluaran wajib.

Pengeluaran wajib ini misalnya adalah, cicilan atau tagihan yang harus dibayarkan, anggaran bensin, hingga pulsa. Setelah mencatat, setidaknya Anda tahu berapa pendapatan bersih yang ada setelah dikurangi dengan pengeluaran wajib.

 

  1. Segera bayar tagihan dan cicilan

Jika berbicara soal ideal, jumlah cicilan dan tagihan Anda seharusnya tidak melebihi 30% dari jumlah pendapatan Anda. Biasanya jika melebihi presentase tersebut, kondisi keuangan Anda bisa dibilang waspada, karena kemungkinan pengeluaran tidak terduga itu besar setiap bulannya dan akhirnya pengeluaran bisa lebih besar dari pendapatan.