RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Balai Bahasa Sulawesi Selatan berkolaborasi dengan Rumata’ Artspace akan menggelar ragam lomba dengan menggunakan bahasa daerah dalam agenda Baruga Bahasa Melalui Elong dan Kelong yang terlaksana di Benteng Rotterdam, Makassar, pada Juli mendatang.

Lomba yang dimaksud, yakni Cipta Puisi, Pembacaan Puisi, dan Komedi Tunggal atau biasa di sebut Stand Up Comedy.

Ide tersebut merupakan cara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk merevitalisasi bahasa daerah.

Kepala Balai Bahasa Sulawesi Selatan, Ganjar Harimansyah mengatakan, terobosan yang hadir untuk kegiatan tersebut mendapat atensi dari kalangan muda di Sulawesi Selatan agar mampu merawat dan melestarikan bahasa daerah.

“Tema Kegiatan ini harus mencerminkan semangat dari kegiatan ini, yaitu merawat, menjaga, dan melestarikan bahasa daerah yang berada di Sulawesi Selatan,” kata Ganjar.

Pihak Rumata ArtSpace sebagai penyelenggara, menyampaikan terima kasih atas kontribusi ide yang diberikan untuk membangun acara yang dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

“yang membuat senang ialah, orang-orang turut memeberikan kontribusi dan ide pemikirannya terhadap kegiatan ini supaya Baruga Bahasa ini bisa berjalan lancar dan bisa diterima masyarakat,” kata Ika dari pihak Rumata Artspace di Aula Balai Bahasa Sulawesi Selatan, Jalan Sultan Alauddin, Makassar, pada Rabu (8/5/2024).

 

Penulis: Dwiki