Ondel-ondel sendiri berupa boneka besar yang dibuat dari anyaman bambu dengan ukuran tinggi 2,5 meter dan diameter kurang lebih 0,8 meter. Penari tarian ini dapat dibawakan secara tunggal maupun berkelompok dengan iringan musik khas betawi.

7. Tari Renggong Manis
Tari Renggong Manis merupakan tarian tradisional yang berasal dari perpaduan berbagai budaya, Arab, Cina Klasik, Betawi, dan India. Tari tradional ini biasanya ditarikan dalam berbagai acara, seperti upacara adat khas Betawi, pernikahan, dan festival budaya.

8. Tari Ronggeng Blantek
Tari Ronggeng Blantek adalah tari khas Betawi yang diciptakan oleh Wiwiek Widiyastuti, Wara Selly, dan Joko Sukosadono, atas permintaan Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta di tahun 1978. Penari dari tarian ini dibawakan oleh 4 hingga 6 orang perempuan dengan mengenakan busana yang berwarna serba cerah.

9. Tari Sirih Kuning
Tari Sirih Kuning merupakan pengembangan dari tari Cokek. Tari Cokek sendiri merupakan tari pergaulan sejak zaman Belanda dan sangat populer di kalangan Tionghoa di daerah pinggiran Betawi di masa lampau.

10. Tari Topeng
Tari Topeng Betawi merupakan salah satu pertunjukan oleh masyarakat Betawi. Biasanya tari topeng dibawakan saat pertunjukan teater rakyat Topeng Betawi, bersamaan dengan musik, nyanyian, bebodoran (lawak), dan lakon (drama). Karena dipentaskan dalam sebuah teater, gerakan dalam tarian karena bersifat teatrikal.

11. Tari Yapong
Tari Yapong merupakan tarian tradisional dari Jakarta yang diciptakan untuk sebuah pertunjukan seni. Tarian ini termasuk jenis tarian pergaulan untuk mengisi sebuah acara sesuai dengan permintaan. Gerakan pada tarian ini penuh dengan variasi di dalamnya, seperti pola lantai dan properti yang digunakan.