RAKYAT.NEWS, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta berkolaborasi dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Dinas Perhubungan, Jasa Raharja, Kepolisian, serta Komunitas Pencinta Kereta Api gelar kampanye keselamatan perlintasan sebidang, Kamis (19/3) di JPL No 11 Jalan Industri Raya, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Turut hadir dalam kegiatan, Jajaran PT KAI Daop 1 Jakarta, Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Jakarta, Sudin Perhubungan Darat, PT Jasa Raharja, Koramil Sawah Besar dan Polsek Sawah Besar.

Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendri Wintoko menyatakan PT KAI Daop 1 Jakarta menyayangkan masih ada kendaraan yang menerobos palang pintu perlintasan sebidang dan perlintasan liar karena membahayakan perjalanan KA dan pengguna jalan.

“Tercatat, sepanjang tahun 2024, terdapat sebanyak 44 kejadian temperan pengguna jalan dengan kereta api. Dari kejadian tersebut, 11 kejadian melibatkan kendaraan dan 33 kejadian melibatkan orang,” kata Ixfan Hendriwintoko, Selasa (19/3/2024).

Melalui sosialisasi, PT KAI Daop 1 Jakarta bersama-sama para steakholder berharap, pelanggaran lalu lintas di perlintasan sebidang KA maupun di jalan bebas jalur kereta api tidak terjadi lagi. Sebab, sangat berisiko tinggi pada keselamatan, baik itu keselamatan perjalanan KA maupun masyarakat.

Selain untuk meningkatkan kesadaran para pengguna jalan raya untuk tetap mentaati rambu-rambu-rambu dan aturan yang ada, kegiatan ini juga merupakan upaya dalam menjaga keselamatan dan keamanan perjalanan KA menjelang masa angkutan lebaran tahun 2024.