RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Digital Access Program (DAP) yang dicanangkan oleh Kedutaan Inggris di Jakarta bekerja sama dengan mitra lokal BerdayaBareng yang telah dilaksanakan sejak Juni – Desember 2023 telah mencapai puncak acara dengan dihadirkannya Festival Digital dan Keuangan Inklusif 2024.yang digelar di Ganara Art Space, Nipah Park Makassar, Sulawesi Selatan, pada Sabtu (13/1/2024)

Founder Berdaya Bareng, Dicky Clara, mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan langkah komitmen dari pemerintah Inggris dalam mendukung literasi digital dan keuangan, khususnya di bagian timur Indonesia.

“Ini adalah kali kedua komitmen kedutaan besar United Kingdom (UK) untuk Indonesia atas komitmen terhadap literasi digital keuangan khususnya untuk Indonesia Timur. Digital Access program ini sudah sampai ke tahun kedua, awalnya tahun 2021, kemudian dilanjutkan di tahun 2023,” ungkapnya.

Festival Digital dan Keuangan Inklusif 2024 ini, kata Clara, adalah merupakan ‘graduation’ bagi 792 peserta yang telah mengikuti rangkaian kegiatan dari program tersebut.

Clara juga menuturkan, bahwa selama 4 sampai 6 bulan kegiatan tersebut terkait dengan literasi digital dan keuangan, yang terbagi dari beberapa kategori atau jurusan, seperti content creator, web development hingga digital marketing.

“Ini adalah Graduation untuk 792 peserta yang sudah mengikuti rangkaian program selama 4 sampai 6 bulan program Literasi Digital dan Keuangan. Ada beberapa jurusan yaitu content creation, web development dan juga digital marketing,” imbuhnya.

Sementara itu, Digital Policy British Embassy, Rika Damayanti, menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah program pemerintah Inggris bagi sejumlah kalangan dalam hal memberikan kemudahan dalam akses digital dan keuangan.

“Digital Access Program ini adalah program yang dirancang oleh pemerintah Inggris untuk memberikan akses digital yang inklusif, bertanggungjawab dan juga save kepada teman-teman penyintas marjinal, yang di dalamnya mulai dari perempuan, anak muda hingga disabilitas,” jelasnya.