RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Jamaluddin Jompa mengungkapkan bahwa saat ini Unhas menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Indonesia berdasarkan sejumlah penghargaan yang diterimanya sepanjang tahun 2023 ini. Hal tersebut diungkapkan oleh Rektor Unhas yang kerap disapa Prof Jeje bersama dengan Sekretaris Universitas Hasanuddin, Sumbagan Baja, dalam acara Jumpa Pers dan Bincang Akhir Tahun, di gedung Rektorat Unhas, Jumat (29/12/2023).

Prof Jeje mengungkapkan bahwa saat ini Unhas menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia berdasarkan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) yang digunakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). 

“IKU yang dipakai sebagai subjek oleh Menteri Kemendikbudristek, menteri kita yang paling tau mana Universitas yang memenuhi IKU ini. Unhas di situ berkibar benderanya, untuk IKU 4 hingga ke 8, kita itu nomor 1 seluruh Indonesia, kita kalahkan yang hebat-hebat itu,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bahwa capaian berdasarkan IKU yang diraih oleh Unhas ini mampu mengungguli sejumlah Universitas atau perguruan tinggi ternama di seluruh Indonesia. 

“IKU 8 kemarin kita secara total kita nomor 4 (terbaik) seluruh Indonesia, padahal ada jajanan sejumlah Perguruan tinggi seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), ITB, ITS dan IPB, itu semua memiliki fasilitas yang lebih besar dari Unhas, namun kita bisa bersaing di situ,” tuturnya.

Selain itu, Prof Jeje juga mengatakan bahwa Unhas juga menjadi terbaik pertama dalam SNI Awards, sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) yang mendapatkan gold medal. 

“Secara nasional kita sudah nyaman, IKU sudah tercapai 4 besar, SGI’S Nasional kita tercapai 2 besar, SNI Awards untuk pertama kali satunya PTNBH yang mendapatkan gold medal ialah Unhas,” tuturnya.

Sementara itu, Sumbangan Baja selaku Sekertaris Unhas mengungkapkan bahwa alumni Unhas saat ini telah mencapai ratusan ribu lebih, yang tentunya memiliki kualitas dan kapasitas yang mempuni. 

“Kita sekarang ini alumni unhas itu sudah berjumlah 200 ribu lebih berada di mana-mana. Dan alumni itu dinilai seberapa berkualitas alumni kita ini dimata para pemberi pekerja alumni itu diberi pekerjaan dan bagaimana kualitasnya,” tuturnya

Sumbangan Baja menambahkan bahwa kualitas IKU yang baik tentu akan menghasilkan dampak yang baik pula bagi Universitas, tak terkecuali dalam hal Sumber Daya Manusia (SDM) 

“Begitu banyak alumni Unhas saat ini sudah memegang posisi di mana-mana. Jadi itu adalah salah satu indikator yang dinilai dalam IKU itu. Iku SDM yang di dalam itu tadi nomor 1 kalo ditanya di Universitas di Indonesia ini yang SDM-nya terbaik itu siapa, jawabannya Unhas hari ini yang terbaik,” katanya.