RAKYAT.NEWS, POLEWALI – Universitas Negeri Makassar (UNM) melalui Jurusan Pendidikan Khusus (PKh), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) menggelar kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM), di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Polewali, Kab Polewali Mandar, pada Sabtu (05/08/2023).

Baca Juga : Perkuat Implementasi 10 Program Pokok PKK, Ketua TP-PKK Makassar Gelar Bimtek

Ketua Tim Pelaksana, ketua Jurusan Pendidikan Khusus, Dr Usman, menyampaikan bahwa kegiatan PKM ini  bertemakan “Pelatihan keterampilan tangan hantaran dan perhiasan dari bahan bekas”, yang diberikan kepada ABK, bertujuan untuk membuka wawasan kewirausahaan bagi ABK dengan cara memberikan bekal keterampilan yang bernilai fungsional bagi mereka. 

“Pendidikan keterampilan atau pendidikan vokasional merupakan salah satu pembelajaran yang ada di SLB untuk ABK. Selain pembelajaran umum, pendidikan keterampilan juga merupakan pembelajaran yang sangat penting karena ABK dididik untuk bisa mandiri. Oleh karena itu peran orang tua dan sekolah sangat penting dalam pembelajaran keterampilan anak-anak berkebutuhan khusus,” ujarnya, Senin (07/08/2023).

Dalam pelatihan ini, melibatkan beberapa dosen lainnya yakni Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M. Pd. & Wizerti Ariastuti Saleh, S. Pd., M. Pd., dan secara bersama memberikan pelatihan bagi ABK.

Dalam pelatihan ini, tim PKM mengenalkan dan menjelaskan alat dan bahan  keterampilan hantaran dan perhiasan kepada peserta pelatihan, dilanjutkan dengan proses pembuatannya masing-masing, dengan pendampingan dari guru SLBN Polewali.

Dalam pelatihan ini diberikan pendidikan keterampilan (Vokasional) yakni membuka wawasan kepada ABK terhadap dunia usaha & memotivasi serta melatih mereka agar memiliki jiwa Kewirausahaan.

Pembelajaran keterampilan tersebut juga merupakan salah satu pembelajaran untuk lebih memandirikan ABK dan minimal mengurangi ketergantungannya pada orang lain. 

Melalui pendidikan keterampilan di SLB diharapkan bisa memberikan bekal  yang fungsional untuk kemandirian ABK. Sehingga ABK dapat menghasilkan produk yang bernilai ekonomi, yang pada suatu saat dapat menjadi sumber penghasilan mereka untuk mencukupi kebutuhan hidupnya,” lanjutnya.

Kepala Sekolah SLBN Polewali, Sohani, menyambut baik kehadiran tim PKM jurusan PKh/PLB UNM, dan memberi apresiasi pada UNM, khususnya tim PKM jurusan PKh/PLB yang telah memilih SLBN Polewali sebagai tempat kegiatan PKM.

“Kemitraan ini sangat membantu kami dalam memberikan pelatihan kepada ABK, berharap kemitraan ini akan terus terjalin, serta akan terbentuk sinergitas, khususnya yang terkait dengan peningkatan kualitas pembelajaran dan capaian akreditasi lembaga masing-masing dimasa datang,” ungkapnya.