RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Dalam rangka memandu mahasiswa untuk menjadi pribadi yang tahu aturan, taat aturan, kreatif, inovatif dan objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi menyelenggarakan Program Kreativitas Wirausaha (PKM) tahun 2023.

Berdasarkan surat nomor 2383/E2/DT.01.00/20023 dari Dirjen Dikti, Riset dan Teknologi tanggal 15 Juni 2023 sebanyak 23 Tim PKM dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas mendapatkan pendanaan PKM untuk 5 bidang dari 8 bidang PKM yang mereka ikuti. Pendanaan yang didapatkan oleh seluruh tim FKM pada tahun ini secara total Rp. 153.850.000 dengan kisaran masing-masing antara 6 – 10 juta per tim. Adapun bidang PKM yang berhasil mendapatkan pendanaan pada tahun 2023 sebagai berikut : sebanyak 13 tim pada PKM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-PM), 4 tim melalui PKM Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH), serta masing-masing 2 tim untuk PKM Riset Eksakta (PKM-RE), PKM Karsa Cipta (PKM-KC) serta PKM Kewirausahaan (PKM-K). Tim PKM FKM Unhas yang terdiri atas dua program studi yakni S1 Kesehatan Masyarakat dan S1 Ilmu Gizi melibatkan kurang lebih 100 mahasiswa yang didampingi oleh 17 dosen pendamping dari yang berasal dari 8 departemen di lingkup FKM Unhas. Para dosen ini telah mendapatkan bimbingan teknis yang diselenggarakan oleh tim Pokja Prestasi dan Kewirausahaan Unhas pada Bulan Januari 2023 yang lalu.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FKM Unhas Dr. Wahiduddin, SKM, M.Kes menyampaikan rasa bangga kepada semua tim PKM FKM Unhas, mengingat ini menjadi prestasi yang sangat baik mengingat pada tahun 2022 lalu tim FKM tidak satupun yang berhasil mendapatkan pendanaan PKM dari Dikti. Sebanyak 67 proposal PKM 8 bidang yang berhasil mendapatkan pin dari Unhas dan mengirimkan proposal untuk masuk proses seleksi Dikti pada tahun 2023 akhirnya 34,32% yang berhasil mendapatkan pendanaan.