RAKYAT NEWS, MAKASSAR – PPK Ormawa (Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan) merupakan program penguatan kapasitas organisasi kemahasiswaan melalui serangkaian proses pembinaan organisasi kemahasiswaan oleh Perguruan Tinggi yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang diawali dengan pengajuan proposal di tingkat internal universitas dan selanjutnya diseleksi hingga tingkat nasional oleh Kemendikbudristek. Proposal yang diajukan oleh Perguruan Tinggi merupakan kumpulan dari berbagai gagasan/ide/usulan kegiatan dari satu atau lebih Organisasi kemahasiswaaan.

Sebelumnya, sebanyak 23 tim dari berbagai Organisasi Kemahasiswaan Unhas yang mengusulkan sub-proposal PPK Ormawa tetapi hanya 16 tim yang berhasil lolos seleksi internal Unhas yang salah satunya merupakan BEM FKM Unhas. Pada tanggal 10 dan 11 Maret 2023, BEM FKM UNHAS mengikuti kegiatan workshop penyempurnaan Sub-Proposal PPK Ormawa Unhas bagi tim yang lolos seleksi internal yang diadakan melalui zoom pada hari pertama dan diadakan di Unhas Hotel & Convention pada hari kedua. Kemudian, melalui surat Seleksi Akhir Subproposal PPK Ormawa 2023 yang dikeluarkan pada 27 April 2023, Kemendikbudristek mengumumkan sebanyak 676 sub proposal dari berbagai perguruan tinggi yang layak mengikuti seleksi akhir nasional berdasarkan penilaian administrasi dan substansi sub proposal PPK Ormawa.

Tim BEM FKM Unhas menjadi salah satu tim yang berhasil mencapai tahap seleksi akhir. Menindaklanjuti surat tersebut, pada Kamis, 4 Mei 2023, perwakilan tim BEM FKM Unhas yaitu Nur Afifah Mukhtar, Zakya Nur Halizhah dan Husnul Hidayah melakukan presentasi nasional atau seleksi akhir sub proposal PPK Ormawa dengan judul “Pengembangan Desa Bulu Cendea sebagai Desa Sehat Winslow dalam Upaya Mendukung Pencapaian SDGs” yang beranggotakan 15 orang mahasiswa angkatan 2019, 2020 dan 2021 yang berasal dari dua Program Studi S1 yakni Kesehatan Masyrakat dan S1 Ilmu Gizi, dibawa bimbingan dosen pendamping Muh. Fajaruddin Natsir, SKM, M.Kes. yang dilakukan via Zoom Meeting.