RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas) saat ini menggelar berbagai kegiatan dan kompetisi, seperti lomba olahraga tradisional hingga modern digelar untuk memeriahkan Dies Natalis ke 42 FKM Unhas.

Ketua Panitia Dies Natalis FKM Unhas 2024, Nasrah menyebut Dies Natalis tidak hanya menguatkan sejarah akademik, tetapi juga menghadirkan sentuhan budaya lokal melalui lomba olahraga seperti lomba futsal pakai sarung.

“Seperti budaya kita yang suka pakai sarung, termasuk dalam beraktivitas. Tetapi pemaknaannya di sini bahwa aktivitas fisik sangat perlu untuk tetp menjaga badan tetap sehat,” kata dia.

Sementara olahraga modern saat ini juga tidak lepas dari perhatian untuk dilombakan, seperti e-Sport Mobile Legend.

Menurut Nasrah, hal tersebut bagian dari wujud adaptasi dengan perkembangan teknologi di semua bidang kehidupan agar kesehatan mental tetap terjaga. Apalagi salah satu pilar dalam transformasi kesehatan yaitu transformasi teknologi kesehatan sehingga diharapkan semua hal di bidang kesehatan dapat memanfaatkan teknologi informasi.

“Kita pikir, era disrupsi saat ini mendorong kita untuk memanfaatkan fasilitas yang ada, termasuk platform media sosial untuk meningkatkan derajat kesehatan di Indonesia,” kata dia.

Dia menyebut pemanfaatan media sosial di era digitalisasi juga menjadi penting untuk menyebarkan informasi kepada khalayak, apalagi mengenai kesehatan. Maka dsri itu, edukasi kesehatan juga menggunakan platform Tiktok.

“Tentu saja Tiktok merupakan salah satu media sosial yang dapat sarana media edukasi, mengingat penggunanya semakin hari semakin meningkat dan membuat lebih efisien karena dapat menjangkau lebih banyak masyarakat,” urainya.

Tahun ini, Dies Natalis FKM Unhas mengusung tema “Konektivitas Transformasi Kesehatan dan Budaya Menuju Indonesia Emas 2045”.

Pada Dies Natalis ini, digelar lomba seni dan olahraga. Sejumlah rangkaian kegiatan yaitu berbagai giat ilmiah departemen, kuliah pakar/tamu, pameran produk inovasi, fun run, donor darah, kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dan acara puncak pada minggu kedua November 2024.