RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin (Unhas) menduduki peringkat empat nasional sebagai Perguruan Tinggi dengan Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) terbanyak 2023.

Sebanyak 135 proposal PKM Unhas berhasil mendapatkan dana hibah penelitian dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof. drg. Muhammad Ruslin mengatakan bahwa capaian ini merupakan prestasi yang luar biasa bagi Unhas.

“Tahun lalu kita di posisi enam untuk jumlah proposal yang didanai,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat, 16 Juni 2023.

Pada PKM 8 bidang ini, lanjut Prof Ruslin, Unhas mendapat total pendanaan sebanyak Rp1.011.150.000 dengan masing-masing proposal mendapatkan pendanaan antara Rp6 juta hingga Rp10 juta.

Dari 135 proposal tersebut, yang mendapat pendanaan adalah PKM Riset Eksakta sebanyak 42 proposal, PKM Riset Sosial Humaniora 31 proposal, PKM Kewirausahaan 17 proposal, PKM Pengabdian Kepada Masyarakat 31 proposal, PKM Penerapan Iptek 5 proposal, PKM Karsa Cipta 8 proposal, dan PKM Video Gagasan Konstruktif 1 proposal.

Seluruh proposal yang lolos didanai nantinya akan diseleksi kembali melalui proses Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM. Lalu, proposal yang lolos dari penilaian reviewer berhak maju menuju Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) ke-36 yang rencananya digelar di Universitas Padjadjaran pada November mendatang.

Prof Ruslin menambahkan, Unhas akan terus memfasilitasi dan membuat persiapan lebih matang menuju PIMNAS. Ia pun berharap Unhas bisa meningkatkan prestasi dengan menduduki posisi empat besar atau tiga besar di ajang tersebut.

“Kami sangat yakin tim pokja yang saat ini berjibaku sejak awal dan para mahasiswa sangat antusias. Kita akan terus memfasilitasi dan membuat persiapan lebih matang sehingga kita bisa naik posisi, bisa naik empat besar bahkan tiga besar PIMNAS,” ujarnya.