RAKYAT.NEWS, EDUKASI – Tipografi adalah suatu seni yang terkait dengan cara memanipulasi huruf dan tipografi menjadi sebuah karya seni yang mengagumkan dan menarik perhatian. Seni ini menunjukkan bagaimana huruf dapat diatur sedemikian rupa sehingga membentuk suatu bentuk dan ruang yang indah.

Baca Juga : Kiat Desain Grafis Media Digital untuk Pemula

Tipografi telah menjadi bagian penting dalam desain grafis, publikasi media cetak, dan bahkan visual branding. Tipografi yang baik dapat membuat sebuah karya menjadi lebih memukau dan memiliki daya tarik yang besar. Oleh karena itu, penting bagi designer untuk memahami arti dan jenis-jenis tipografi yang berbeda.

Tipografi sendiri memiliki fungsi yang sangat penting dalam sebuah desain. Fungsi utamanya adalah untuk mengkomunikasikan pesan dalam sebuah papan reklame atau poster yang ditampilkan dalam ruangan yang ramai. Tipografi juga dapat membantu untuk menentukan suasana atau mood dalam sebuah desain, sehingga pesannya dapat disampaikan dengan lebih jelas dan tepat.

Dalam tipografi, terdapat beberapa jenis huruf yang sering digunakan. Salah satunya adalah Serif, yang dikenal dengan bentuk huruf yang memiliki tanda atau garis tegak di atas dan bawah huruf. Jenis tipografi yang satu ini biasanya digunakan dalam media cetak seperti majalah atau buku.

Selain itu, kita juga mengenal jenis tipografi yang disebut Sans-Serif. Jenis huruf ini tidak memiliki tanda atau garis tegak di atas dan bawah huruf. Keuntungan mengunakan jenis tipografi ini adalah keterbacaannya yang lebih baik, sehingga cocok digunakan dalam media digital seperti website dan aplikasi.

Jenis tipografi yang lainnya adalah Display, yang biasanya digunakan dalam materi promosi atau reklame besar seperti billboard atau banner. Jenis tipografi ini memiliki ukuran yang lebih besar dan berhati-hati dalam bentuk hurufnya.