Lebih detil lagi kondisi jalan utama kita masih sering dijumpai titik yang dijadikan tempat pembuangan sampah yang bukan pada tempatnya, belum lagi jika masuk kejalan desa dan lingkungan. Keterlibatan masyarakat menjadi pekerjaan bersama untuk membangun kesadaran kolektif tingkat sub based. Kabupaten Jeneponto telah melakukan berbagai program untuk mencapai standar lingkungan tiap kawasan namun kadang terlihat salah satu kawasan industri kita juga belum nampak ada pengelolaan sampah yang baik. Kawasan industri dimanapun semestinya menjadi rujukan kebersihan lingkungan untuk kawasan sekitarnya. Jeneponto memiliki kawasan industri PLTU, PLTB, PLN tersebar lokasinya namun apakah sudah direncanakan sustainable environment nya, harusnya ya. Sehingga dapat berkontribusi membantu pemerintah daerah dalam peningkatan kualitas lingkungan.

Tapi mungkin dijumpai sekitar jalan atau lingkungan sekitar kawasan industry tersebut masih kelihatan beberapa titik keberadaan sampah yang bukan pada tempatnya. Memang ada program bank sampah dan semacanya namun belum efektif membantu mengatasi sampah domestik. Perlu keterlibatan serius semua fihak utamanya leadher dan pemilik industri dapat bersama semua stake holders pemrintah dan masyarakat assamaturu mengintervensi masalah-masalah lingkungan dan mencari solusi yang tepat dan berkelanjutan untuk mengatasi masalah lingkungan di Kabupaten Jeneponto. Jika masalah ini dapat dikelola dengan baik maka investasi untuk generasi telah ada.
Untuk jangka panjang telah banyak kota dunia yang berhasil menjadikan pengelolaan sampah menjadi industry dan menjadi sumber pendapatan domestiknya.

Dari berbagai issu yang urgen tersebut di atas yuk mari kita mulai sebagai generasi millenial yang cirinya aktiv bergerak karena setiap kita mestinya adalah akselerator di bidangnya. Menjadi peyebab terjadinya proses percepatan yang efektif utamanya pada konteks potensi yang dimiliki sehingga tercapai efisiensi ditataran pelayanan dasar masyarakat yang menjadi tujuan utama suatu Daerah. Oleh karena hal ini yang dapat meningkatkan kesejahteraan sejatinya dibutuhkan kebersamaan yang telah diakomodir dalam suatu konsep kearifan lokal daerah kita yakni assamaturu ri gau sitappa.