RAKYAT.NEWS, Kesehatan – Membahas tentang susu nabati, pilihannya sangat luas. Kacang-kacangan, sereal, dan biji-bijian sekarang semuanya digunakan untuk menghasilkan susu alternatif pengganti susu sapi.

Dari kedelai yang rendah lemak hingga kentang yang inovatif, memilih susu bebas susu di pasar yang sedang berkembang bisa membuat Anda kewalahan. Jadi mana yang harus Anda pilih dan mana yang akan memberikan nutrisi yang Anda butuhkan tanpa produk susu?

Susu Kedelai

Susu kedelai adalah pilihan populer di kalangan konsumen susu nabati dan dibuat dengan merendam, menggiling, dan merebus kedelai. Susu kedelai mengandung protein tinggi pada 3,3g per 100ml, dibandingkan dengan 3,4g dalam susu susu dan mengandung jumlah yang baik dari semua sembilan blok pembangun protein esensial yang disebut asam amino. Kedelai juga mengandung isoflavon yang bermanfaat dan telah ditemukan memiliki sifat penurun kolesterol, sehingga merupakan pilihan yang baik bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Dengan teksturnya yang lembut, susu kedelai merupakan pilihan yang enak bagi banyak orang, tetapi harus dihindari oleh siapa saja yang alergi kedelai.

Susu Almond

Susu almond diproduksi dengan merendam dan memadukan almond. Ini adalah pilihan energi rendah yang juga rendah protein pada 0,4g per 100ml, tetapi ini bervariasi antar merek. Susu almond adalah sumber asam lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung, serta vitamin E, yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh kita. Dengan rasa yang agak pedas, ini adalah pilihan yang bagus untuk digunakan pada sereal.

Susu Gandum

Susu oat dibuat dengan cara yang sama seperti susu almond, menghasilkan tekstur dan rasa yang lembut dan dapat ditoleransi dengan baik yang dapat digunakan dalam minuman, sereal, dan kue. Susu oat sekarang menjadi susu vegan paling populer yang tersedia. Dibandingkan dengan almond dan susu beras, susu oat cenderung memiliki sedikit lebih banyak protein pada 1,1g/100ml dan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol. Jika Anda memiliki penyakit celiac, susu oat adalah salah satu yang harus dihindari karena potensi kontaminasi dengan sereal yang mengandung gluten.

Santan

Santan yang dibuat untuk diminum dibuat dengan merebus kelapa parut dalam air dan menyaring cairannya. Karena metode pengolahan ini, umumnya lemaknya jauh lebih rendah daripada santan yang diproduksi untuk memasak, hanya 0,9g lemak per 100 ml dibandingkan dengan 18,1g. Santan untuk diminum rendah protein tetapi dapat menambah rasa dan rasa manis pada minuman panas dan sereal.

Nasi Susu

Susu beras dibuat dengan merebus dan memeras nasi dan menyaring cairannya. Susu beras memiliki rasa yang lebih manis dengan kandungan karbohidrat yang lebih tinggi dibandingkan dengan susu nabati lainnya. Ini secara alami rendah protein dan nutrisi lainnya tetapi dapat dianggap sebagai alternatif yang baik bagi mereka yang alergi kacang atau kedelai.

Susu Rami

Dibuat dengan mencampurkan biji rami dengan air, susu rami juga rendah protein tetapi menyediakan asam lemak tak jenuh ganda esensial omega 3 dan omega 6. Susu rami sering digunakan dalam sereal, memasak, dan memanggang.

Susu Kacang

Susu kacang paling sering menggunakan kacang polong kuning, dengan protein dicampur dengan air untuk menghasilkan susu. Susu kacang menyediakan sedikit lebih banyak protein daripada susu nabati lainnya sekitar 2,4g per 100ml.

Susu Kemiri

Susu kemiri dihasilkan dari kacang hazelnut sangrai yang direndam dan diblender dengan air. Hasilnya adalah cairan yang manis, kental, dan kaya yang dapat dinikmati dalam smoothie, di atas sereal, dan dalam kopi yang memanjakan serta cokelat panas.

Susu Kacang Mete

Susu kacang mete adalah susu krim lain yang dibuat dengan merendam, memblender, dan menyaring kacang mete. Seperti susu almond, ini adalah sumber vitamin E berenergi rendah tetapi juga rendah protein dan serat. Susu kacang mete memiliki rasa kacang yang halus dan bisa menjadi pilihan yang baik untuk digunakan dalam memasak, memanggang, dan ditambahkan ke kopi Anda.

Susu Kentang

Susu kentang adalah anak susu tumbuhan baru di blok itu. Seratnya tinggi dan bagus untuk mereka yang alergi karena bebas dari laktosa, susu, kedelai, gluten, dan kacang-kacangan. Untungnya pengolahannya meninggalkan rasa kentang sehingga menghasilkan susu yang netral dan lembut dengan rasa manis yang halus.

Susu nabati mana yang harus kita beli?

Saat memilih susu tanaman Anda, pilih yang tanpa pemanis untuk menghindari tambahan gula yang tidak perlu. Penting juga untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda saat beralih ke pola makan nabati, dan susu nabati yang diperkaya dapat menjadi kontributor yang signifikan. Susu fortifikasi juga sering kali dilengkapi dengan tambahan vitamin D dan B12.

Karena susu sapi secara teratur dipromosikan untuk protein, susu nabati (kecuali kedelai), sering dikecam karena kandungan proteinnya yang lebih rendah. Namun, susu bukanlah penyumbang protein yang signifikan dalam pola makan yang sehat dan seimbang. Ini berarti bahwa meskipun sumber protein nabati tambahan dapat bermanfaat bagi atlet nabati atau mereka yang tidak sehat, masyarakat umum tidak perlu bergantung pada alternatif susu, karena banyaknya protein dalam makanan seperti tahu, kacang-kacangan. , kacang-kacangan dan kacang polong.

Susu tumbuhan telah dikritik karena berbagai faktor lingkungan; misalnya, jumlah air yang dibutuhkan untuk menanam almond. Terlepas dari kritik ini, susu nabati memiliki dampak lingkungan keseluruhan yang lebih rendah daripada susu sapi. Semua alternatif susu nabati, termasuk susu almond, menggunakan lebih sedikit tanah dan air dan menghasilkan lebih sedikit emisi gas rumah kaca daripada susu sapi.

Seperti yang Anda lihat, setiap susu tanaman memiliki profil nutrisi yang unik. Saat mengukur kandungan nutrisinya dibandingkan dengan susu sapi, kedelai menempati urutan pertama karena kandungan proteinnya, tetapi apakah ini yang terbaik? Karena kebanyakan dari kita bisa mendapatkan semua nutrisi yang kita butuhkan dari makanan yang kita pilih dalam diet kita, saya berpendapat bahwa susu nabati terbaik adalah yang paling Anda nikmati. Dan dengan semua ilmu pengetahuan yang menunjukkan kepada kita bahwa keanekaragaman tumbuhan adalah kuncinya, mengapa hanya memilih satu?

Rosie Martin adalah ahli diet terdaftar untuk Plant Based Health Professionals UK

Sumber: Independent.co.uk