RAKYAT.NEWS, EDUKASI – Pulau-pulau di Lombok yang terkenal dengan pantainya yang indah dan pemandangannya yang menarik, memiliki banyak cerita yang berkaitan dengan sebuah tempat yang bernama Gili. Gili adalah kata yang bisa kita dengar di seluruh pulau Lombok bahkan Bali. Tapi apakah kita mengerti arti dari Gili sendiri? Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang makna Gili artinya dalam bahasa Indonesia.

Baca Juga : 5 Trik Mempelajari Warna Sekunder dengan Mudah

Secara harfiah, Gili berarti ‘pulau kecil’ atau ‘diselubungi oleh karang atau batu’ dalam bahasa Sasak. Namun, dalam praktiknya, Gili bukanlah sekadar ‘pulau kecil’ tapi sering diartikan sebagai ‘pulau-pariwisata’ yang menjadi tempat wisata yang populer di Lombok dan Bali.

Gili sendiri merujuk pada sekumpulan pulau kecil di perairan Lombok dan Bali yang menjadi destinasi wisata yang populer di Indonesia. Ada tiga pulau Gili utama di Lombok yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air, dan beberapa pulau Gili lainnya yang tersebar di perairan Lombok.

Pulau-pulau ini memiliki pantai yang indah, terumbu karang, dan biota laut yang memukau, membuat pulau-pulau ini menjadi surga bagi para snorkeling, diving, dan turis yang mencari ketenangan dan jauh dari hiruk pikuk kota.

Gili yang menjadi tempat wisata, kini menjadi sumber penghasilan bagi warga setempat, yang menjadikan pulau-pulau ini sebagai tempat bermukim dan menggeluti sektor pariwisata sebagai penghasilan utama mereka.

Namun, seiring dengan terus bertambahnya kunjungan wisatawan, Gili pun mengalami dampak negatif seperti kerusakan terumbu karang karena aktivitas snorkeling dan diving, pemrosesan sampah yang tidak sesuai serta keberadaan bangunan di sekitar objek wisata yang mengabaikan aspek estetika dan kelestarian lingkungan.