RAKYAT. NEWS, EDUKASI – Seni rupa adalah bentuk seni yang mengutamakan visualisasi karya melalui media seperti gambar, lukisan, patung, grafis, dan fotografi. Seni visual sendiri memiliki ciri-ciri yang membedakannya dari seni rupa yang berfungsi sebagai instrumen komunikasi dan pemahaman estetika. Dalam tulisan ini, berikut ini ciri-ciri karya seni visual yang harus dipahami dan menjadi dasar dalam menilai sebuah karya seni.

Baca Juga : Intip Pameran Creative Art Makassar, Seniman Muda Ekspresikan Rasa

Pertama, ciri-ciri seni visual menurut Alfian Misrifandi, seorang seniman dan kritikus seni, adalah memperhatikan tema dan konsep yang dibawa dalam karya. Tema dan konsep yang dibawa dalam sebuah karya seni akan menjadi landasan dalam membaca keindahan dari sebuah karya. Oleh karena itu, seniman harus mampu mengangkat nilai-nilai dan makna yang ingin disampaikan lewat visualisasi karya.

Kedua, seni visual memiliki ciri-ciri khas yang berbeda dengan seni rupa lainnya, salah satunya adalah kebiasaan membuat karya yang memiliki bentuk abstrak. Bentuk abstrak adalah dalam seni visual menggambarkan hal-hal yang sulit untuk diterjemahkan dalam bentuk konkret, sehingga memperlihatkan bentuk yang unik, terkadang tidak beraturan, konvensional dan adakalanya mengambil bentuk-bentuk yang asing. Dengan demikian, ciri-ciri ini menjadi tanda estetika karya.

Ketiga, ciri-ciri karya seni visual juga tercermin pada eksplorasi selera estetika yang lebih beragam. Eksplorasi ini terkait pada pengembangan media seni visual yang semakin beragam, seperti penggunaan kain, kertas, dan beragam bahan yang jarang digunakan. Hal ini memberi kesan bahwa seni visual selalu berkembang dan terus berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman.

Keempat, ciri lain dari seni visual adalah nilai fungsional yang dimiliki oleh sebuah karya seni. Nilai fungsional dapat diartikan sebagai kegunaan atau manfaat dari sebuah karya seni. Sebuah karya seni visual dapat membantu memecahkan masalah atau permasalahan, atau mendorong perubahan sosial yang lebih baik melalui bahasa visual yang disajikan.