RAKYAT.NEWS, Makassar – Universitas Hasanuddin (Unhas) pada Desember 2022 lalu meraih peringkat kedua dalam Sustainable Development Goals (SDGs) Action Awards 2022.

Peringkat ini mengalahkan Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Indonesia (UI) yang menduduki peringkat pertama greenmetric.

Greenmetric menjadi salah satu kepentingan yang dilihat dari sisi pengelolaan lingkungan hidup di Universitas.

Ini disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan dan Bisnis, Prof. Dr. Eng. Adi Maulana dalam workshop Pengelolaan Limbah Kampus yang Terintegrasi dan Berkelanjutan (Integrated and Sustainable Campus Waste Management), di Unhas Hotel and Convention, Rabu, 15 Maret 2023.

Greenmetric ini memang belum maksimal, kita belum bisa masuk ke level yang paling tinggi tetapi arah menuju kesana itu sudah dibuat,” ujarnya.

Dengan diadakannya workshop tersebut, menjadi awal dalam pengelolaan limbah secara terpadu dan berintegritas di Unhas.

“Kegiatan ini merupakan kerjasama dari tim Pokja yang telah dibentuk oleh bapak Rektor sekitar dua bulan yang lalu,” ujar Ketua Pelaksana workshop, DR Irwan Ridwan Rahim dalam sambutannya.

Lebih jauh, hal itu juga menjadi awal pembuatan road map dan akan di breakdown menjadi program kerja yang mendasari pengelolaan limbah secara terpadu di Unhas.

“Kita harus laksanakan semua komitmen-komitmen yang ada ketika kita kemudian mengikuti SDGs Award itu,” ujar Aji.