SULSEL – Memperingati Hari Anak Nasional 2022, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK)  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) Gelar Talkshow Hari Anak dengan tema ‘Anak Tangguh Indonesia Lestari’, Sabtu (30/7/2022).

Baca Juga : Peringati Hari Anak Nasional, Pemprov Sulsel Launching ‘Pasti Beraksi’

Acara yang terselenggara di Baruga Karaeng Pattingaloang, Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sulsel ini, turut dihadiri Ketua TP-PKK Pemprov Sulsel, Naoemi Octarina, Ketua Pokja Bunda PAUD Sulsel, Sri Astuti Thamrin, para perwakilan TP-PKK Kabupaten/Kota di Sulsel dan beberapa undangan lainnya.

Sebagai narasumber talkshow, dihadirkan Dr. dr. Ema Alasiry Sp. A(K) yang membawakan materi tentang ‘Pemakaian Gawai Tidak Terkontrol – Apa Dampak Pada Anak’ dan dr. Nilla Mayasari, M.Kes., Sp.FKR (K) yang menerangkan terkait ‘Efek Screen Time Terhadap Perkembangan Komunikasi Anak’.

Ketua TP-PKK Pemprov Sulsel, Naoemi Octarina mengungkapkan dengan adanya acara talkshow seperti ini, setiap keluarga atau orang tua lebih khususnya, dapat menjadi ayah dan ibu yang lebih baik untuk para buah hatinya.

dr. Nina dalam materinya mengatakan anak-anak yang menonton televisi lebih dari dua jam berpotensi 2,5 kali lebih besar mengalami perkembangan dalam berbahasa.

“Anak-anak yang menonton TV lebih dari dua jam berpotensi 2,5 kali lebih besar mengalami hambatan perkembangan bahasa,” katanya.

Disisi lain, dr. Ema dalam paparannya merekomendasikan untuk anak pra sekolah (2-5 tahun) boleh menonton TV ataupun menggunakan media elektronik lain selama satu jam sehari yang menayangkan program khusus anak tersebut.

Bukan hanya talkshow, terdapat pula lomba mewarnai dan kreatifitas anak berhadiah sepeda, yang diikuti oleh perwakilan anak dari 24 kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Selatan.

Untuk diketahui, acara peringatan Hari Anak Nasional 2022 ini adalah kerja sama antara TP-PKK Sulsel dengan Dinas Pemberdayaan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A-Dalduk KB) Sulsel, Bunda Paud, Andalan Mengaji, Forum CSR Sulsel dan lain-lain.

Baca Juga : Wujudkan Kota Layak Anak, DP3A Makassar Galakkan SRA