MAKASSAR – Memasuki usia yang ke-3 tahun tepat pada tanggal 5 Juli 2022 lalu, Kampus Kalla Institute yang berada di bawah naungan Yayasan Hadji Kalla komitmen untuk mencetak generasi pebisnis-pebisnis muda demi menunjang kemajuan Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Dr Amril Arifin M.Si selaku Wakil Rektor 1 ITB Kalla dalam acara puncak Dies Natalies Kalla Institute yang ke-3 dengan tema “Maju Bersama, Mencetak Pengusaha Muda” di Timur Resto, Nipah Mall, Selasa (12/7/2022).

Amril mengatakan, bahwa Kalla Institute memiliki visi menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam pengembangan kewirausahaan berbasis teknologi yang inovatif berlandaskan moral agama pada tahun 2034.

Ia juga menjelaskan, bahwa Kalla Institute ini merupakan kampus yang berada satu kawasan dengan pusat perbelanjaan dan rekreasi ramah lingkungan, tepatnya Gedung Nipah Mall lantai 5 dan 6.

Kampus Kalla Institute ini, kata Amril, memiliki 4 program studi yang menarik seperti Kewirausahaan, Bisnis Digital, Sistem Informasi (SI) dan Manajemen Retail. Untuk program studi Manajemen Retail dan Bisnis Digital sendiri telah meraih akreditasi “Baik” oleh Badan Akreditadi Nasional Perguruan Tinggi.

Melalui sejumlah program studi yang menarik tersebut, Amril menegaskan jika dirinya akan terus mengingatkan para mahasiswa dan mahasiswi untuk selalu berfikir kreatif dan inovatif untuk mengembangkan bisnis-bisnis sendiri, guna mencetak generasi enterprenuner-enterpreuner muda di Indonesia.

“Kami akan terus mengingatkan bagi para anak-anak kami untuk dapat mengembangkan bisnis-bisnis sendiri, tentunya untuk dapat mencetak generasi pebisnis muda, dalam hal untuk kemajuan bersama,” ujarnya.

Selain itu, Amril menambahkan, bahwa dalam menjalankan tridharma perguruan tinggi secara optimal, Kalla Institute menjalin kerja sama dengan berbagai institusi mulai dari Sulawesi Selatan seperti Undipa, Unifa, Stiba, YPUP, Unimen hingga kawasan Indonesia bagian Barat seperti ITB, Tel-U, dan Universitas Insan Cendekia Mandiri.

Dies Natalies Kalla Institute ini menyelenggarakan beragam kegiatan yang telah terlaksana sejak bulan Juni 2022 lalu, dan melibatkan segenap sivitas Akademia Kalla Institute hingga jajaran pimpinan, diantaranya kompetisi olahraga Tenis Meja, bulutangkis, futsal Lomba E-Sport seperti Mobile Legend dan PUBG Mobile yang diikuti oleh 65 tim dari sejumlah Sekolah Menengah Atas se-Sulawesi Selatan.

Untuk lomba E-sport kategori Mobile Legend sendiri diraih oleh SMAN 21 Makassar sebagai juara 1, SMK Telkom Makassar juara 2, dan SMAN 2 Makassar juara 3. Sementara untuk kategori PUBG Mobile, peringkat pertama diraih oleh SMA Islam Athirah Kajolalido, SMAN 1 Selayar juara 2 dan SMK Telkom Makassar sebagai juara 3.

Adapun kegiatan Nasional zwebiner Series yamg dilaksanakan lleh Program Studi Manajemen Retail dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Prodi Manajemen Retail mengangkat tema “Bussines Sustainbillity: Balancing People, Plane and Profit” yang dihadiri oleh berbagai kalangan masyarakat seperti UMKM, mahasiswa, dosen, hingga profesional. Sementara, LPPM Kalla Institute mengangkat tema “Punlikadi Internasional” yang dinilai sangat diperlukan oleh banyak Dosen di Indonesia.

Kalla Institute membuka kesempatan bagi siapapun yang ingin menempuh pendidikan di perguruan tinggi dengan cara yang lebih mudah melalui berbagai program studi, antara lain seperti tawaran bebas tes, biaya kuliah bisa diangsur, dan jaminan serapan kerja pada industri Kalla Group yang merupakan kelompok usaha tersebsar di Wilayah Indonesia Timur.

Tidak hanya itu, lulusan Kalla Institute kelak jiga akan dibekali pula dengan kompetensi dan sertifikasi keahlian dari Lembaga Badan Nasional Sertifikasi Profesi, Skor TEOFL 450 yang dikeluarkan oleh Lembaga resmi.