MAKASSAR – Lembaga Ma’had Al Jami’ah UIN Alauddin Makassar menggelar Training Of Tainer (TOT) Angkatan VI untuk Mentor Program Character Building Training, ada Selasa (21/06/2022).

Baca Juga : Nupur Sharma Dianggap Hina Nabi Muhammad, Berikut Alasannya

Peserta kegiatan Training of Trainer (TOT) adalah para Dosen dari berbagai fakultas di UIN Alauddin Makassar

Salah satu materi dari TOT adalah Moderasi Beragama Versi Kementerian Agama yang disampaikan oleh Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Alauddin Makassar, Kaswad Sartono.

Dalam paparannya, Kaswad Sartono menyampaikan bahwa moderasi beragama versi Kementerian Agama memiliki empat indikator, antara lain  1. Komitmen Kebangsaan 2. Toleransi 3. Anti Kekerasan 4. Penerimaan terhadap tradisi.

Ketua PCNU Kota Makassar Itu menyampaikan bahwa penting bagi kita untuk mengetahui, memahami dan menerapkan nilai-nilai moderasi beragama di UIN Alauddin Makassar,

“Kalau cara pandang kita sebagai masyarakat kampus baik Dosen maupun mahasiswa  dan seluruh civitas akademika  sikap toleransi, Menghargai perbedaan dan bekerjasama dalam perbedaan, maka konflik-konflik Internal  kampus bisa kita atasi bersama, termasuk konflik tauran antara fakultas,” paparnya.

Diakhir paparannya Kepala BIRO AAKK Itu mengajak kepada seluruh peserta ToT untuk melakukan pembinaan terhadap mahasiswa tentang pentingnya menerapkan nilai-nilai moderasi beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya di UIN Alauddin Makassar.

Baca Juga :  Hipermawa Koperti UINAM Gelar RAKOP, Angkat Tema “Kepemimpinan Integritas-Harmonis”