BALI  – Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Teguh Setyabudi  berharap dukungan dari Pemerintah Daerah terhadap Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama dalam upaya memajukan pendidikan agama Islam di Indonesia, Sabtu (21/5/2022).

 

Baca Juga : Dirjen Bina Keuda Kemendagri Jelaskan Manfaat SIPD

Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan pada acara yang diselenggarakan oleh Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama di Hotel Anvaya Bali, Jumat (20/5) Pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2022 yang dirangkaikan dengan Pemberian Tanda Mata kepada Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota atas kontribusi dalam pendidikan Islam.

Pemberian tanda mata juga diberikan kepada beberapa Kantor Wilayah (Kanwil)  dan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) yang telah berhasil dalam pengelolaan PPG PAI dan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidkan (LPTK) penyelenggara PPG PAI dengan jumlah peserta terbanyak.

Kementerian Agama selaku penyelenggara acara mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan dapat memberi motivasi bagi sejumlah daerah lainnya agar menjadi bagian dari proses pendidikan agama Islam yang  mendasar untuk penyiapan SDM unggul.

“kegiatan ini diharapkan menjadi motivasi bagi daerah-daerah lain agar menjadi bagian dari proses pendidikan agama Islam yang menjadi kebutuhan mendasar dalam penyiapan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang unggul dan berkarakter,” jelasnya.

Teguh Setyabudi menegaskan bahwa, perlunya introspeksi dan penataan diri menuju 100 tahun Indonesia Merdeka Indonesia Emas 2045 dan itu perlu dipersiapkan dengan semua potensi yang ada.

“kita perlu berinstrospeksi dan menata diri kembali menuju 100 tahun Indonesia Merdeka. Indonesia Emas 2045 perlu dipersiapkan dengan segala potensi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia,” ungkapnya.