LUWU TIMUR  – PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) terus memupuk kesadaran generasi muda untuk senantiasa peduli terhadap lingkungan.

Komitmen tersebut diwujudkan melalui momen peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) dengan melibatkan 34 pelajar SMA/SMK se-Luwu Timur dalam kegiatan Kemah Bahari yang berlangsung di Desa Pasi-pasi Kecamatan Malili, Luwu Timur, 14-15 Agustus 2023.

Kegiatan ini terselenggara atas kolaborasi PT Vale, Forkopimda Luwu Timur, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Selatan, Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Makassar, Yayasan Konservasi Cinta Laut Indonesia (YKCLI), Parasulu, dan Saka Bahari Pramuka Kwarcab Luwu Timur.

Pada kesempatan tersebut,jajaran Forkopimda Lutim dan Manajemen PT Vale juga menandatangani komitmen bersama untuk melindungi ekosistem lautan demi keberlanjutan Bumi Bataraguru. Setelah itu, mereka melakukan penanaman mangrove.

Bupati Lutim, Budiman mengapresiasi atas kepedulian PT Vale terhadap lingkungan, apalagi melibatkan generasi muda penerus bangsa.

“Hari ini kita berbuat baik kembali untuk masa depan daerah yang kita cintai bersama. Atas nama pemerintah dan masyarakat, kami mengucapkan terima kasih kepada semua yang terlibat dalam kegiatan ini, terutama manajemen PT Vale yang tidak henti-hentinya memedulikan lingkungannya,” jelasnya.

Budiman menaruh harapan besar kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini, khususnya 34 kader konservasi yang telah dikukuhkan olehnya untuk sama-sama komitmen dan konsisten menjaga kelestarian alam Bumi Batara Guru.

“Semoga kebaikan-kebaikan yang kita lakukan bersama ini bisa menginspirasi masyarakat yang ada di Luwu Timur, dan Indonesia pada umumnya,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olah Raga Kabupaten Luwu Timur, Andi Tabacina Akhmad mengatakan, Desa Pasi-pasi punya potensi tujuan wisata dengan kearifan lokal, budaya dan kelestarian lingkungannya. PT Vale, kata Tabacina membantu pemerintah mendorong hal itu lewat kegiatan kali ini.