RAKYAT.NEWS, EDUKASI – Aglaonema, juga dikenal sebagai Chinese Evergreen, adalah tanaman dalam ruangan yang populer karena dedaunannya yang menarik dan kemudahan perawatannya. Tumbuhan ini berasal dari Asia Tenggara dan dikenal karena toleransinya terhadap pengabaian, menjadikannya sempurna bagi mereka yang ingin menambahkan tanaman hijau ke rumah mereka tanpa menghabiskan terlalu banyak waktu untuk perawatan. Dalam panduan pamungkas untuk Aglaonema ini, kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang merawat, memelihara, dan menyebarkan tanaman cantik ini.

Aglaonema lebih menyukai cahaya terang dan tidak langsung tetapi dapat mentolerir kondisi cahaya redup, menjadikannya tanaman serbaguna untuk ruang hidup apa pun. Namun, mereka tidak boleh terkena sinar matahari langsung, karena dapat membakar daunnya. Jika Anda melihat daun tanaman menguning, mungkin terlalu banyak sinar matahari.

Menyiram Aglaonema Anda sederhana saja – Anda hanya perlu menyiramnya saat bagian atas tanah kering. Penyiraman yang berlebihan dapat menyebabkan busuk akar dan penyakit jamur lainnya. Saat Anda menyiram aglaonema Anda, pastikan untuk memberikan air yang cukup agar keluar dari lubang drainase. Anda juga harus menghindari penggunaan air dingin karena dapat menyetrum akar tanaman.

Suhu dan Kelembaban

Aglaonema lebih menyukai suhu hangat antara 65 hingga 80°F (18 hingga 27°C). Hindari memaparkannya pada suhu di bawah 60°F (15°C). Untuk kelembapan, tanaman ini lebih menyukai kelembapan sedang hingga tinggi, tetapi dapat mentolerir level yang lebih rendah. Selama bulan-bulan musim dingin, Anda mungkin perlu meningkatkan tingkat kelembapan dengan menggunakan pelembap udara atau meletakkan nampan berisi air di dekat tanaman.

Pupuk

Aglaonema tumbuh lambat dan tidak membutuhkan banyak pupuk. Anda bisa memupuknya sebulan sekali selama musim tanam (musim semi dan musim panas) dengan pupuk seimbang yang larut dalam air. Berhati-hatilah untuk tidak membuahi secara berlebihan, karena dapat membakar akar tanaman.

Pemeliharaan

Salah satu hal terbaik tentang Aglaonema adalah kebutuhan perawatannya yang rendah. Namun, seperti tanaman lainnya, memang membutuhkan perhatian untuk terlihat terbaik. Salah satu masalah paling umum dengan Aglaonema adalah tungau laba-laba, yang dapat menyebabkan daun dan bintik menguning. Untuk mencegah tungau laba-laba dan hama lainnya, periksa daun dan batang tanaman Anda secara teratur untuk mencari tanda-tanda serangan.