RAKYAT.NEWS, EDUKASI – Depresi adalah penyakit serius yang perlu diperhatikan. Bahkan, depresi dianggap sebagai masalah kesehatan mental nomor satu di dunia. Menurut World Health Organization (WHO), terdapat lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia yang menderita depresi.

Depresi adalah kondisi kesehatan mental yang dapat mempengaruhi pikiran, perasaan, dan tindakan seseorang. Seseorang yang mengalami depresi dapat merasa sedih, putus asa, cemas, lelah, hilang minat, dan kehilangan semangat hidup. Depresi dapat terjadi pada siapa saja, tanpa terkecuali usia, jenis kelamin, status sosial, ataupun dengan latar belakang kehidupan yang berbeda-beda.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami depresi, antara lain kejadian traumatik yang dialami, faktor genetik, gangguan hormonal, penggunaan obat-obatan tertentu, dan faktor lingkungan. Depresi juga dapat dianggap sebagai akibat dari beberapa penyakit fisik tertentu seperti, kanker, Alzheimer, stroke, atau penyakit jantung.

Depresi dapat menyebabkan dampak yang serius bagi seseorang. Dampak tersebut dapat berupa gangguan hubungan sosial, kerusakan hubungan dengan keluarga, gangguan pekerjaan, bahkan bisa berujung pada upaya bunuh diri. Karenanya, depresi harus dianggap sebagai penyakit serius, dan harus diatasi dengan cepat dan tepat.

Ada beberapa cara untuk mengatasi depresi, antara lain dengan mendapatkan dukungan sosial dari keluarga dan teman, melakukan konseling atau terapi yang sesuai, dan mengkonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Pengobatan depresi harus dilakukan dengan serius dan konsisten, hingga kondisi pasien membaik.

Adapun pencegahan yang bisa dilakukan terhadap depresi, yaitu dengan menjaga kesehatan secara fisik dan mental. Berolahraga, mengatur pola tidur yang cukup, dan mengkonsumsi makanan yang sehat dapat membantu mencegah depresi. Selain itu, penting juga untuk menjalani gaya hidup yang seimbang di antara pekerjaan, hubungan sosial, dan kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan.