RAKYAT.NEWS – Usai sholat dan juga usai berdoa, umumnya orang mengusap wajah dengan dua telapak tangan. Ini dilakukan sejak kecil karena meniru orang sekitar terutama dari lingkungan keluarga.

Jangan sampai terjebak, ternyata hal ini bukan wajib dilakukan setelah sholat atau berdoa. Ustad Khalid Basalamah mengatakan, itu tidak ada tuntunannya dan hanya tradisi.

“Gak ada dalilnya, ini Cuma tradisi kita saja,” ujar Ustaz Khalid Basalamah dikutip dari video yang diunggah Sahabat Qur’an AFH, Jumat, 23 April 2021.

Kata Ustaz Khalid Basalamah, di Indonesia ini banyak sekali tradisi yang dijadikan sebagai sebuah bawaan. Selain mengusap wajah itu, ada juga tradisi salaman setelah salat dan ini juga tidak ada tuntunannya.

”Tidak boleh bersalaman setelah salat kalau itu dijadwalkan atau dianggap satu paket dari salat berjamaah,”tambahnya.

Tidak bolehnya ini, kata Ustaz Khalid Basalamah, bukan karena salamannya tapi karena tidak pernah ada panduan dari kiai dan guru Nabi Muhammad SAW.

“Ikutilah beliau, apapun sifatnya. Kedipan matanya pun kalau perlu diikuti. Kalau tidak dilakukan, jangan dilakukan. Selesai. Hidup akan bahagia,” jelas ustaz Khalid Basalamah.