MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan “Danny” Pomanto didaulat menjadi pembicara pada Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan X yang diadakan di Pusat Pelatihan dan Pengembangan Kajian Managemen Pemerintahan LAN RI di Kampus Puslatbang KMP LAN Jalan Raya Baruga Antang, pada Kamis (9/6).

Baca Juga : Walikota Medan Ajak Mahasiswa Bangun Pertanian Dari Hulu Hingga Hilir

Di hadapan sekitar 60 orang peserta yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, ia membahas terkait isu strategis dan kepemimpinan kewirausahaan.

 

Ia mengungkapkan, dirinya tidak pernah menyangka akan mendapatkan apa yang ia punya saat ini, dirinya yang lahir dari tenaga kependidikan dan ia juga telah mengabdikan diri menjadi dosen selama 21 tahun tidak pernah mengira bahwa dirinya mendapat kepercayaan masyarakat untuk memimpin Kota Makassar.

 

“Tidak ada yang menyangka termasuk saya sendiri tidak pernah terpikir akan mendapat amanah seperti ini. Anak lorong yang lahir dari tenaga pendidik dan mengabdikan diri selama 21 tahun menjadi dosen bisa memimpin Kota Makassar. Tapi ini pilihan rakyat, ada amanah yang harus saya pertanggungjawabkan,” kata Danny.

 

Ia menambahkan, selama menjadi pemimpin di Makassar ada berbagai macam polemik yang menimpanya, namun semua itu ia jalan dengan ikhlas dan yakin bahwa ia akan selalu menemukan jalan yang benar.

 

“Saya menjalankan amanah dan di hadapkan banyak persoalan. Tapi semuanya saya jalani ikhlas dan lillahi ta’ala. Saya yakin kebenaran akan selalu menemukan jalannya”, lanjutnya.

 

Lebih lanjut, hal utama bagi seorang pemimpin adalah tanggung jawab dengan cara mendengarkan apa yang menjadi keinginan masyarakat lalu rangkum mereka dengan cara hadirkan sebuah solusi yang bermanfaat, dan tak lupa untuk selalu melakukan komunikasi.