Makassar, Rakyat News – Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Makassar, Hasan Basri Baso, mengajak Masayarakat untuk menyukseskan program Pemilihan RT/RW serentak yang digagas langsung Wali kota Makassar Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto.

“Hal ini patut didukung dan disukseskan semua elemen. Bukan hanya Pemkot dan jajarannya, tetapi seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kota Makassar,” katanya.

Hasan menilai, program ini adalah proses pembelajaran demokrasi yang ril dan langsung menyentuh akar rumput.

“Saya melihat, baik di media sosial dan media massa, ataupun dengan mata kepala saya sendiri, antusiasme masyarakat terhadap Pilkara ini. Dan saya menangkap ada pembelajaran moril berdemokrasi yang baik. Ini adalah isyarat, demokrasi di Kota Makassar akan bertumbuh dengan baik,” tuturnya.

Lanjut Hasan, jika masyarakat sudah lihai berdemokrasi pada level yang terkecil, maka mereka akan semakin terbiasa pada level yang besar. Sehingga kesadaran mereka akan pentingnya demokrasi dan menentukan pilihan tanpa money politik akan dirasakan sendiri.

“Yang menjadi momok sekarang ini adalah, jika demokrasi pada level yang besar, mereka menerima money politik dengan alasan sulitnya akses atau tidak adanya perubahan kehidupan, jika kandidat yang terpilih menempati posisi. Nah, jika pemimpin itu adalah RT/RW yang akan dia rasakana sendiri inovasinya, maka money politik tak berlaku bagi mereka. Jika hal ini dibiasakan, maka masyarakat akan semakin sadar dala menentukan hak politiknya,” jelas Hasan.

Karena itu, Hasan meminta kepada semua elemen untuk membantu masyarakat dan pemerintah kelurahan setempat menyukseskan kegiatan ini.

“Saatnya turun bersama dalam menyukseskan program ini. Mari menunjukkan bahwa Makassar memiliki demokrasi yang sehat pada level apapun,” tegasnya.