RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Universtas IsIam Makassar (UIM) Al-Gazali menyambut sebanyak 2.380 mahasiswa/mahasiswi baru mereka untuk tahun ajaran 2024/2025.

Penyambutan itu berlangsung di Auditorium KH Muyyidin Zain Kampus UIM, Jl Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar, Sabtu (28/9/2024).

Adapun rincian dari jumlah tersebut mulai dari Fakultas Pertanian 41 orang, Teknik 131, MIPA 73, Sospol 118, Sastra dan Humaniora 17, Agama Islam 117, Keguruan dan Ilmu Pendidikan 175, Ilmu Kesehatan 70, Hukum 68 dan Pasca Sarjana 39 orang.

Lalu ada juga program profesi guru sebanyak 1.531 orang yang akan menjalani pendidikan di kampus tersebut.

Kegiatan orientasi tersebut menjadi rangkaian awal bagi para mahasiswa baru sebelum mereka mengikuti aktivitas pembelajaran.

Dimana, sebanyak 2.380 mahasiswa diperkenalkan mengenai pengenalan lingkungan serta sistem pembelajaran kampus.

Rektor UIM Al Gazali Prof Muammar Bakry mengatakan, kegiatan orientasi mahasiswa di kampus UIM Al Gazali menandai dimulainya proses akademik.

“Jadi di sini pada hari ini ada komitmen akademik yang kita bangun dalam admosfer kampus Universitas Islam Makassar,” katanya.

Sebanyak 2.380 mahsiswa, kata Prof Muammar, akan mengikuti proses pembelajaran di UIM Al Gazali kali ini.

“Mahasiswa yang hadir jumlahnya sekitar 2.000 lebih mahasiswa pada hari ini,” ungkapnya.

Adapun kata Sekretaris MUI Sulsel itu, bahwa dirinya menekankan semangat belajar untuk para pendatang baru di kampus tersebut.

“Dengan orientasi melampaui dan tidak hanya sekedar memperoleh ijazah saja,” ujarnya.

“Jadi kita ingin manfaat keilmuan dan keberkahan ilmu yang diperoleh melalui kampus ini bisa memiliki efek positif bagi masyarakat dan para mahasiswa,” tambah dia.

Olehnya ia berharap agar para mahasiswa yang akan mengikuti proses pembelajaran di kampus tersebut memiliki tekad yang rajin dan tekun sehingga mampu bermanfaat untuk masyarakat banyak.

“Tentu dengan akhlak dan ilmu pengetahuan yang mereka miliki menjadi kebahagiaan tersendiri bagi semua orang tua yang menitipkan anaknya di kampus ini,” jelasnya.