RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) bersama PT Vale Indonesia menggelar sosialisasi kompetisi karya jurnalistik MediaMIND 2024 di Gedung Ipteks Universitas Hasanuddin, Senin (26/08/2024).

Kompetisi karya jurnalistik MediaMIND 2024 ini ditujukan kepada mahasiswa dan jurnalis di Kota Makassar dengan mengangkat tema “Merangkai Masa Depan” yang menekankan isu seputar hilirisasi mineral dan batu bara dalam memberikan dampak pada perekonomian Indonesia.

MediaMIND tahun 2024 ini merupakan kompetisi karya jurnalistik yang digelar edisi ketiga. Sosialisasi kompetisi tersebut digelar pada lima kota berbeda, antara lain yaitu Medan, Yogyakarta , Makassar dan selanjutnya Surabaya hingga terakhir Jakarta.

MediaMIND 2024 kali ini menyiapkan berbagai katergori untuk diperlombakan, yakni untuk Mahasiswa dalam bentuk Karya Tulis, sementara Media Massa berupa Karya Tulis (Hard News  dan Feature), video berita, foto tunggal hingga media sosial.

Subtema MediaMIND 2024 terdiri dari lima bagian, yaitu Ekonomi, Industrialisasi, Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG), Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, serta Ekosistem Baterai Kendaraan Listrik.

Corporate Communication MIND ID, Pratiwa Dyatmika, mengungkapkan bahwa kompetisi karya jurnalistik MediaMIND 2024 tahun ini disajikan dengan cara yang lebih menarik dan berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Pratiwa mengatakan, jika tahun ini, MediaMIND tidak hanya ditujukan untuk para jurnalis tetapi juga melibatkan mahasiswa melalui kompetisi esai. Ia juga berharap, agar para peserta akan menyelami kontribusi industri pertambangan di Indonesia, terutama di PT Vale.

Selain itu, Pratiwa juga menjelaskan bahwa MIND ID tidak hanya fokus pada bisnis pertambangan, tetapi juga tetap memberi perhatian pada lingkungan dan membantu pertumbuhan berbagai UMKM, salah satunya dengan melakukan reklamasi lahan bekas tambang secara berkelanjutan.

“Ayo kita sama-sama jaga, ayo sama-sama perkuat posisi Indonesia untuk mewujudkan Indonesia emas melalui pertambahan nilai pertambangan,” kata Pratiwa dalam pemaparannya.

Sementara itu, Kepala Komunikasi Korporat PT Vale, Vanda Kusumaningrum, menyatakan dukungannya terhadap langkah MIND ID dalam mengadakan kompetisi karya jurnalistik ini.

Dengan kegiatan ini, Vania tentu berharap bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman serta dukungan terhadap industri pertambangan di Indonesia.

“Kita berharap melalui kegiatan kompetisi karya jurnalistik ini bisa meningkatkan literasi dan bagaimana masyarakat melihat kontribusi pertambangan khususnya PT Vale di Luwu Timur,” harapnya.