RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Dengan penelitian disertasi “Hubungan antara Kekuasaan Tindak Tutur Manusia Dapat Menyembuhkan Berbagai Kesehatan Mental.” Suci Ayu Kurniah Paisal, M. Hum. berhasil meraih predikat kelulusan ‘Sangat Memuaskan’. Sebagai Promotor, Prof. Dr. Gusnawaty, M.Hum. menyampaikan kegembiraannya.

Suci Ayu adalah Doktor pertama yang dilahirkan Prof. Dr. Gusnawaty, M. Hum. Mengungkapkan rasa bangga atas capaian yang luar biasa Suci Ayu dalam mengungkap sebuah realitas bahwa dengan tindak tutur yang tepat yang digunakan hipnoterapis dapat menjadi sarana intervensi yang efektif dalam mengatasi kesehatan mental cliennya menuju perubahan positif.

Pada sambutan penutupnya, promotor mengucap puji syukur hadirat Allah SWT atas Rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita secara bersama-sama untuk memberikan kesaksian sekaligus selamat kepada Dr. Suci Ayu Kurniah P, M. Hum. “Atas pencapaiannya dan pembuktiannya kepada kita dan dunia pada hari ini tentang keahliannya dalam penelitian disertasinya,” ujar Prof. Gusnawaty.

Sembari mengucapkan terima kasih atas kesempatan ini dapat berkontribusi sebagai promotor pada pencapaian Dr. Suci. “Saya merasa terhormat dapat hadir dan berbicara tentang topik penelitian yang sangat penting dan relevan ini,” paparnya.

Penelitian mengkaji efek tindak tutur hipnoterapis terhadap perilaku dan kondisi kesehatan klien hipnoterapi. Seperti yang dinyatakan oleh Krippner, “Bahasa memainkan peran kunci dalam hipnosis dan perubahan perilaku,” ungkapnya.

Menekankan pentingnya pemilihan kata yang cermat dan penggunaan pola bahasa tertentu untuk mempengaruhi pikiran bawah sadar klien, berhasil diungkap Dr. Suci.

Terpisah, usai ujian Dr. Suci, mengatakan, “Hasil penelitiannya sejalan dengan temuan tersebut, menunjukkan dominasi tindak tutur ilokusi direktif dan asertif dalam sesi hipnoterapi,” paparnya.

Temuan itu juga didukung oleh penelitian Erickson (1980), yang menekankan pentingnya komunikasi tidak langsung dan sugesti dalam hipnosis, lanjut Dr. Suci.