MAKASSAR – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jeneponto sukses menggelar Bimtek Standar Pelayanan dan PIAK berlangsung sejak Jumat 31 Mei hingga 2 Juni 2024 yang diikuti 68 peserta terdiri dari seluruh pegawai Disdukcapil Jeneponto.

Dalam pelaksanaan Bimtek, pihak Disdukcapil menggandeng Pattiro Jeka sebagai fasilitator yang memandu acara secara keseluruhan dari mulai pembukaan hingga penutupan.

Dengan metode fasilitasi 4D, Define, Discovery, Dream dan Design para fasilitator memandu peserta disetiap sesinya untuk mencapai tujuan pelatihan.

Dengan prinsip partisipasi aktif, menghargai setiap potensi, dan semua peserta adalah energi menjadikan pelatihan sangat aktif dan kreatif dengan model pendidikan orang dewasa.

Didampingi para fasilitator muda Pattiro Jeka yang tergabung dalam Laskar Pattiro Muda Turatea (LAPTUR), menjadikan suasana pelatihan sangat bermakna, setiap peserta akan merasakan Fibrant dalam setiap sesinya.

Dengan menggembungkan kemampuan IT dan kekuatan verval, para fasilitator millenial, Ola, Erma dan Rudi menyuguhkan pengalaman baru kepada peserta pelatihan, yang seru, kreatif tapi tetap pada pencapaian tujuan pelatihan.

Kemampuan menciptakan games, membuat vidio review dan penugasan berbasis aktifasi otak kanan, kemampuan peserta dalam menyedekahkan tugas individu maupun kelompok terasah sangat nyaman dan mudah.

Kadis Dukcapil Mustaufiq mengapresiasi atas pelaksanaan fasilitas pelatihan yang terasa cukup berbeda dari biasanya. “Saya sendiri menjadi sangat nyaman dalam pelatihan ini, saya bahkan ikut dalam berbagai sesi tanpa merasa canggung bermain dengan peserta lain, apalagi saat sesi bina suasana, sangat membangkitkan keakraban tanpa sekat,” ungkapnya l.

Sementara Pj Bupati Jeneponto Junaedi Bakri yang hadir menutup acara Bimtek menyampaikan kepada fasilitator Laskar Pattiro Muda, agar terus berkolaborasi dengan Dukcapil untuk mewujudkan pelayanan publik yang prima di Jeneponto, jika perlu terbaik di Indonesia, dan jangan hanya Dukcapil tapi OPD yang lain juga dilakukan kerjasama.