Menanamkan nilai kebaikan dengan berlandas pada nilai agama akan membentuk generasi muda masa depan sebagai penerus bangsa dan pemimpin yang amanah. Jika sudah ditanamkan nilai-nilai akhlakul karimah sejak dini, nantinya saat memimpin bangsa mereka berpegang pada nilai-nilai kebenaran dan agama itu sendiri. Seseorang yang berakhlakul karimah, maka segala perbuatan dan tingkah lakunya pun akan baik.

Dengan begitu, akan terwujudlah kehidupan yang harmonis dan damai sehingga akan menjadikan bangsa ini menjadi kuat dengan episentrum pembangunan berasas nilai agama, budaya, dan moralitas yang baik. Perkembangan zaman globalisasi lebih menjadi dampak positif dengan adanya sikap positif dan bermoral, sehingga akan menciptakan inovasi atau ide-ide baru para generasi muda sebagai pelopor dan garda terdepan harapan bangsa.

Dengan semangat Musabaqah Tilawatil Quran ke 45 tingkat kabupaten Jeneponto yang akan berlangsung di Kecamatan Bangkala, kita berharap bahwa penerapan Sila pertama pancasila Ketuhanan yang Maha Esa dan sila kedua yakni Kemanusiaan yang Adil dan Beradab akan dapat terimplementasi menuju indonesia maju, indonesia emas bertitik tolak dari daerah yang di juluki Butta Turatea ini.

Dari Butta para Karaeng kami menitip harapan membangun nilai agama sebagai landasan mewujudkan bangsa yang “baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur adalah sebuah negeri yang mengumpulkan kebaikan alam dan kebaikan perilaku penduduknya”. (*)