MAKASSAR – Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham bersama Kementerian Kesehatan RI, Direktorat Kefarmasian dan Penyediaan Alat Kesehatan melakukan kampanye penggunaan sediaan farmasi dan alat kesehatan, di lapangan blok m, RW 9 BTN Minasa Upa, Makassar, Jumat (17/11/2023).

Dalam sambutannya, Anggota DPR RI Komisi IX Aliyah Mustika Ilham mengatakan pentingnya pengetahuan untuk farmasi dan alat kesehatan yang baik agar tidak terjadi kesalahan dalam pengaplikasiannya.

“Kesediaan farmasi dan alat kesehatan itu penting dan paling harus diketahui ialah penggunaannya yang tepat,” kata Aliyah.

Aliyah mengingatkan akan bahaya yang bisa terjangkit jika menggunakan alat kesehatan yang tidak diketahui fungsinya. Juga peracikan obat yang tidak seimbang.

“Hal penting lainnya adalah jangan mudah tergiur akan iklan-iklan yang beredar ditengah masyarakat apalagi mengkonsumsi obat tanpa anjuran atau resep dari dokter,” lanjut Aliyah Mustika Ilham.

Senada, Direktorat Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes RI Dr Anwar Wahyudi mengatakan pentingnya pengetahuan penggunaan baik farmasi maupun alat kesehatan.

Karena keduanya memiliki masa atau jangka waktu dalam penggunaan.

“Harus memperhatikan masa edar penggunaan kefarmasian dan alat kesehatan. Keduanya punya tanggal kadaluarsa yang harus kita perhatikan sebelum menggunakan,” imbuhnya.

Ia juga berharap masyarakat Indonesia khususnya di Sulsel ini memiliki kepekaan dalam memanfaatkan kefarmasian dan alat kesehatan dengan baik sesuai fungsinya.**