Catatan Pasca Musda XV KNPI Jeneponto

Oleh : Mustaufiq, S.IP, SE, M.Si, MH

 

Setelah melalui berbagai tahapan proses Musyawarah Daerah KNPI Jeneponto, akhirnya pada tanggal 14 Februari 2023 Muhammad Ruslan terpilih sebagai ketua DPD II KNPI Jeneponto Masa Jabatan 2023 – 2026.

Terlepas dari sejumlah hiruk dan pikuk dinamika dalam forum musyawarah yang tetap berjalan sebagai bentuk kedewasaan para Barisan Muda Butta Turatea.

Perbedaan sudut pandang muncul di tengah forum adalah hasanah kritis yang terbangun dalam menuju sebuah kemaslahatan bersama.

Pemuda itu merangkul tidak menggantung. Hadirnya sosok ketua KNPI saat ini, akan menjadi harapan baru wajah Pemuda Turatea di masa datang.

Pegang teguh prinsip ‘abulo sibatang accera’ sitongka tongka’ dalam menggalang berjuta potensi dan sumber daya manusia di setiap Organisasi Kepemudaan yang ada.

Tinggalkan baju perbedaan, singkirkan kopiah permusuhan, sehingga akan menciptakan harmonisasi yang dinamis dalam membesarkan KNPI pada sebuah konsep kebersamaan.

Bung Karno, mengatakan “Berikan kepadaku 10 orang pemuda, maka akan kurangkul dunia ini”. Artinya bahwa potensi pemuda begitu besar sehingga patut kita kerahkan sebagai sebuah asset bangsa, untuk dirangkul menjadi kekuatan dan diberdayakan menjadi penggerak kemajuan.

Jika ingin maju maka bergeraklah, jika ingin bangkit maka berjalanlah, jangan diam dalam sebuah titik yang dinamakan zona nyaman karena pemuda harus mampu menelorkan konsep kebaharuan, dan menyajikan pemikiran yang konstruktif juga inovatif dalam rel pembangunan daerah ini.

Pemuda harus menjadi pelopor demokrasi yang sehat serta mampu menempatkan eksistensinya sebagai pilar bangsa, yang patut menjadi panutan dan motivator bagi elemen masyarakat lainnya.

Oleh karena itu, memasuki tahun politik 2023 dan 2024, Pemuda harus ikut berperan dalam mewujudkan kondisi yang stabil dan kondusif.