Catatan Inspirasi Oleh : Abdullah Azzam Lahadji

(Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)

 

PEMUDA merupakan revolusi pendongkrak bangsa yang menghadirkan imajinasi positif dalam sebuah tindakan. Tidak sekedar beropini maupun berisik dalam mengkritisi objek yang mencekam dalam situasi saat ini tapi mampu berdampak dan berisi untuk kemajuan daerah maupun bangsanya.

Bagi pemuda, perubahan bisa dilakukan dalam sebuah hal sederhana namun berdampak positif di sekitarnya. Hal ini dapat dibuktikan dan dirasakan oleh Abdullah Azzam Lahadji, mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, salah satu pemuda Jeneponto yang mengikuti kegiatan Volunter yang diwadahi oleh Rumah Baca Pesisir (RBP).

 

Kunjungan Azzam Ke Dusun Bulurinring, Kabupaten Jeneponto

Setelah melewati berbagai proses rekrutmen, Azzam berkesempatan menjadi salah satu volunter pada program Aksi Safari Literasi Inspiratif (ASERTIF) yang berlokasi kan di Dusun Bulu’rinring Kabupaten Jeneponto pada tanggal 4-7 Februari 2023 yang diwadahi oleh Rumah Baca Pesisir (RBP).

Program ini bertujuan untuk membantu dan memberikan inspiratif kepada masyarakat Bulu’rinring dibidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan.

Sungguh hal yang membanggakan bagi dirinya dan juga pihak kampus maupun daerahnya, yang awalnya pulang ke kampungnya dengan niat untuk liburan, mengeksplor keindahan daerahnya yang telah dirindukan, namun tak disangka, kesempatan liburnya menjadi sebuah dampak positif serta produktif.

Tidak hanya itu, Azzam rela mengorbankan pikiran, kesempatan dan tenaganya untuk masyarakat Bulu’rinring.

 

Suasana Tempat Belajar Anak-Anak Bulu’rinring

Melihat kondisi di Dusun Bulu’rinring, Azzam tercengang dan merenung karena situasi di sana sangat miris khususnya dibidang pendidikan.

Anak-anak Bulu’rinring sangat jauh dari percikan pendidikan, mirisnya lagi, tak ada wadah apalagi fasilitas yang layak untuk menampung para generasi Bulu’rinring bahkan belajarnya pun di rumah warga sekitar maupun tempat yang dianggap layak untuk memberikan kontribusi pendidikan bagi anak-anak Bulu’rinring.