Makassar, Rakyat News – Tidak mudah untuk menulis sebuah Artikel Jurnal Internasional. Berbagai tahapan harus dilewati, mulai dari menyiapkan naskah hingga menjawab masukan reviewer. Untuk mendukung publikasi artikel ilmiah bagi mahasiswa pascasarjana, Departemen Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin mengadakan Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Internasional. Kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai ajang berbagi tips dan cara menulis artikel jurnal agar tembus di jurnal internasional.

Pelatihan penulisan ini dilaksanakan pada hari Sabtu (28/10/2017) di Ruangan Kandouw FKM Unhas yang diikuti sebanyak 19 peserta. Fasilitator penulisan ini dipercayakan kepada Anwar Mallongi, SKM, M.Sc, Ph.D yang sudah berpengalaman menghasilkan publikasi di Jurnal Internasional bereputasi scopus. Menurut Ketua Panitia Dies Natalis, Muhammad Rachmat, pelatihan penulisan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis artikel pada jurnal international. “Hal ini sejalan dengan kebijakan Dikti dan Unhas agar mahasiswa pascasarjana, khususnya mahasiswa S3 menerbitkan hasil penelitiannya pada jurnal international”, ucapnya.

Fasilitator memberikan cara menulis artikel jurnal yang baik serta tips-tips agar tulisan artikel jurnal tersebut dilirik oleh tim editor jurnal. Fasilitator sangat terbuka dalam menyampaikan pengalaman dan ilmunya dalam hal penulisan artikel jurnal. Peserta dan fasilitator juga saling berbagi pengalaman dalam bentuk diskusi. Melihat antusias peserta yang sangat aktif dalam berdiskusi membuat pelatihan penulisan ini lebih hidup dan menarik.

Menurut Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Sukri Palutturi, PhD menyampaikan bahwa publikasi artikel di jurnal internasional terindeks scopus adalah syarat bagi mahasiswa S3 bahkan bagi dosen ini adalah syarat untuk naik lektor kepala dan menjadi professor. Harapan saya ke depan bahwa FKM Unhas bisa memiliki publikasi scopus yang lebih banyak lagi. (*/rls)