Kesempatan untuk belajar bersama datang dengan adanya POP ini. Ajakan kami untuk terlibat dalam POP disambut baik oleh 20 PAUD untuk belajar bersama, mengembangkan kemampuan literasi peserta didiknya dengan lebih optimal dan bermakna, tentunya sesuai dengan perkembangan usianya.

Program Literasi Penggerak Negeri untuk PAUD di Kab Jeneponto, mulai dilaksanakan sejak bulan September 2021, dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab Jeneponto.
Program ini terdiri dari pelatihan dan pendampingan literasi, serta bantuan buku bacaan anak, untuk Kepala Sekolah dan guru sekolah PAUD sasaran. Diharapkan setelah program
ini selesai di tahun 2023, sekolah sasaran POP dapat mengimbas praktik baik dari POP kepada sekolah lain yang ada di sekitarnya, menjadi sekolah penggerak di Kabupaten Jeneponto.

Rakyat News

Di Tahun 2021, telah diadakan pelatihan secara daring 10 modul literasi untuk 96 guru dan kepala sekolah dari 20 sekolah sasaran. Pelatihan diisi dengan materi tentang perkembangan anak usia dini serta berbagai metode dan strategi pengembangan literasi sesuai dengan usia perkembangan anak usia dini.

Setelah pelatihan dilaksanakan, kami
melakukan pendampingan secara luring dengan melakukan sesi penguatan dan kunjungan kepada beberapa sekolah sasaran di bulan Oktober 2021. Di penghujung tahun 2021, kami
kembali melakukan kegiatan luring, melakukan evaluasi program sebagai bahan untuk menyusun program selanjutnya di tahun 2022.

Hasil dari intervensi POP tahun 2021 terlihat dari penataan lingkungan main, dimana sekolah-sekolah sudah mulai menata lingkungan main anak yang lebih bervariasi disertai dengan invitasi, sehingga anak lebih tertarik untuk bermain, dan juga kegiatan bermain
menjadi lebih bermakna. Selain itu, sekolah-sekolah mulai menyediakan pojok baca, dari semula sebagian besar belum menyediakan pojok baca.