Bantaeng, Rakyat News – Bupati Bantaeng Ilham Azikin, meminta organisasi perangkat daerah (OPD), terkait kebencanaan agar menyiagakan personel, mengantisipasi kontinjensi bencana alam tahun 2020/2021.

“Harapan saya pada masa pandemi COVID-19 ini, agar melindungi masyarakat dari ancaman bencana dengan tetap memperhatikan disiplin protokol kesehatan COVID-19,” kata Ilham saat memimpin apel gelar pasukan dalam rangka kesiapan dan kesiapsiagaan menghadapi bencana di Kabupaten Bantaeng tahun 2020/2021 di Mapolres Bantaeng, Minggu, (15/11/2020).

Selain siaga personel, bupati juga meminta menyiapkan langkah antisipasi dan kesiapan sarana dan prasarana.

Kabupaten Bantaeng merupakan salah satu daerah di Sulawesi Selatan yang memiliki indeks risiko bencana pada kategori tinggi dan memiliki kerawanan bencana, baik yang disebabkan  faktor alam, non alam dan juga oleh ulah manusia.

Berdasarkan siaran Pers Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat, perihal hasil Rapat Koordinasi Nasional Antisipasi Bencana Hidrometeorologi, gempa bumi dan tsunami tahun 2020/2021 terkait peningkatan curah hujan akibat La Nina yang dapat menyebabkan terjadinya peningkatan akumulasi curah hujan bulanan di hampir seluruh wilayah Indonesia mencapai  20 hingga 40 persen di atas normal. (*/Adv)

Sumber : Antaranews