Sulawesi Selatan, Rakyat News | Banjir bandang yang melanda wilayah Masamba, Provinsi Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu dapat menimbulkan masalah psikososial bagi masyarakat yang terdampak bencana oleh karena itu Ketua DPW PPNI Sulawesi Selatan (Ns.Abdul Rahmat M.Kes) melalui badan kelengkapan Ikatan Perawat Kesehatan Jiwa Indonesia (IPKJI Sulsel) ikut bergabung dengan relawan DPD PPNI Luwu Utara melaksanakan Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial (DKJPS) di posko-posko pengungsian bencana Masamba Lutra.

Ketua DPD PPNI Lutra Ns.Dewi yang ikut mendampingi relawan DKJPS dari IPKJI Sulsel menuju posko Kampal dan Petambua serta meli melakukan screning kepada para pengungsi yang terdiri dari 4 kelompok usia mulai dari anak usia 4 -10 tahun. Remaja 11 -17 tahun, Dewasa dan lansia. Selanjutnya akan dianalisis dan diberikan intervensi sesuai dengan permasalahan yang muncul pada individu.

Ketua IPKJI Sulsel Ns. Kamaluddin Palinrungi menjelaskan adapun hal yang ingin dicapai dari kegiatan DKJPS di Masamba Lutra ini adalah sedini mungkin dapat membantu dalam mendeteksi tanda dan gejala masalah kesehatan jiwa, psikososial, dan gangguan jiwa serta memberikan asuhan keperawatan jiwa agar supaya individu mempunyai kemampuan beradaptasi terhadap masalah yang dialami selama bencana ini sehingga dapat mempercepat pemulihan kesehatan dan mencegah terjadinya gangguan jiwa. “Karena Tiada Kesehatan Tanpa Kesehatan Jiwa,”Pungkasnyanya.(*).