Takalar, Rakyat News – Pemerintah Kabupaten Takalar melalui Kantor Satpol. PP dan Damkar, bidang Damkar gelar Pelatihan Study Lapangan Pertolongan dan Pencegahan Kebakaran di Pantai Lamangkia Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar, Sabtu (23/2/2020).

Pelatihan berlangsung selama 2 hari dari tanggal 22 sampai 23 Februari 2020 diikuti sebanyak 53 peserta terdiri dari seluruh anggota Damkar Takalar ditandai dengan pemasangan tanda peserta kepada 3 orang peserta oleh  Kepala Kantor Satpol. PP dan Damkar Takalar Muh.Alwi Rahman,SH.MM.

Muh.Alwi dalam arahannya di hadapan para peserta mengemukakan bahwa setelah pelaksanaan kegiatan ini diharap pada personil damkar bisa mensosialisasikan secara mandiri ke masyarakat untuk mencegah terjadinya bencana kebakaran dan mengetahui tata cara yang benar, efektif dan efisien dalam melakukan tindakan pertolongan dalam bencana kebakaran.

 

“Saya harap para anggota Damkar bisa menyampaikan secara mandiri ke masyarakat untuk memastikan puntung rokok dalam keadaan betul-betul mati sebelum dibuang, listrik dan kompor dipastikan sudah tidak aktif sebelum meninggalkan rumah.”jelasnya.

Lanjut Muh.Alwi menghimbau kepada seluruh anggota Damkar dalam melakukan aksi pertolongan kebakaran untuk segera melakukan pertolongan pertama terlebih dahulu yakni menyelamatkan penghuni rumah dan hewan peliharaannya.

“Saya harap kepada peserta pelatihan ini dapat memanfaatkan untuk dipahami dengan baik, bersungguh-sungguh dan tekun memperhatikan apa yang disampaikan kepada instruktur.”tambahnya.

Sementara itu, Kabid. Damkar Muhammad Said,SE menjelaskan bahwa tujuan utama dari kegiatan tersebut membentuk karakter pada anggota, menumbuhkan rasa kedisiplinan dan profesionalisme dalam kerja tim dalam menangani kebakaran.

“Damkar telah instens keluar melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat tentang pencegahan dini kebakaran, meskipun demikian bagaimana kita bisa melakukan penindakan cepat tanpa anggota itu dibarengi dengan kedisiplinan dalam menjalankan tugas kekompakan karena ini merupakan sebuah Tim.”kata Said