Makassar, Matasulael – Nurdina, bayi berusia dua tahun ini tak berdaya saat ditemui di rumahnya. Pasalnya, sudah seminggu ia terbaring karena sakit muntaber yang menderanya. Tubuhnya pun semakin kurus dan berpotensi mengalami gizi buruk. Senin (25/11/2019).

Atas informasi dari sahabat kombes, si anak pun didampingi oleh ibunya Dg Mina dan Ketua LAW2 Community, Suryadi Yamin membawa anak tersebut ke kantor lurah untuk pengurusan surat keterangan tidak mampu (SKTM) untuk selanjutnya dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daya Kota Makassar.

Lurah Pannampu, Abdul Muis pun mengucapkan terima kasih atas fasilitasi Kombes sehingga sang anak bisa langsung dirujuk.

“Kami sudah berpesan kepada Ibunda Nurdina, jika sang anak menderita sakit agar segera dibawa ke puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan medis”, Tuturnya.

Sementara itu, Ibu sang anak, Dg Mina mengatakan ia tak berdaya membawa anaknya ke puskesmas atau rumah sakit. Di samping tak punya biaya berobat, untuk keperluan sehari-haripun kadang ada kadang tidak.

“Kami beruntung masih dapat tinggal cuma-cuma di sebuah lods di pasar Pannampu. Tapi untuk biaya berobat kami tak punya, makan pun kadang ada kadang tidak”, Bebernya.

Ketua LAW2 Community, Suryadi Yamin mengatakan perlu pendampingan intensif dari Puskesmas, Dinas Kesehatan atau Dinas Sosial Kota Makassar terhadap keluarga ini.

” Mereka butuh perhatian pemerintah. Belum ada layanan bantuan kesehatan dan sosial seperti KIS yang mereka dapatkan. Padahal keluarga ini layak untuk mendapatkannya”, Ungkapnya.

Saat ini, melalui pelayanan Home Care 112, Nurdina bersama Ibunya telah dibawa ke RSUD Daya Kota Makassar untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.