RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin menggelar Seminar dan Expo Produk KKN Gelombang 112 Periode Juli–Agustus Tahun 2024 di GOR JK Arenatorium Unhas, Kampus Tamalanrea, pada Selasa (8/10/2024).

Ada sebanyak 4.100 mahasiswa yang terlibat, dengan 122 dosen pembimbing. Dalam pelaksanaannya, KKN Tematik ini berlangsung di 24 Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan, 1 Kabupaten/Kota di Sulawesi Barat, 1 Kabupaten/Kota di DKI Jakarta, 1 Kabupaten/Kota di Maluku, dan 1 Kabupaten/Kota di Jepang.

Seminar dan Expo ini merupakan kegiatan tahap akhir program KKN yang digelar secara serentak bagi seluruh posko untuk memamerkan hasil produk KKN yang telah dihasilkan di lokasi masing-masing.

Hal ini merupakatan kesempatan bagi mahasiswa untuk memperkenalkan hasil kerja yang dilakukan selama mengikuti program KKN dalam membantu masyarakat mengelola hasil produk inovasinya untuk dapat dipasarkan di masyarakat luas.

“Di sini mahasiwa berperan untuk melakukan pendampingan pemasaran produk melalui berbagai strategi dan sistem promosi yang dilakukan oleh masing-masing posko,” kata Kepala Subdirektorat Pendidikan Berbasis Pengabdian Kepada Masyarakat Unhas, Syarifuddin Mabe Parenreng.

Syarif berharap, sejumlah produk dan inovasi yang dikembangkan oleh mahasiswa KKN Gelombang 112 Unhas ini, dapat terus dikembangkan melalui proses pendampingan hingga produk UMKM masyarakat ini bisa dikembangkan di dunia usaha dan dunia industri.

Direktur Transformasi Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran (Transdiva) Unhas, Sahriyanti Saad mengatakan, hasil seminar artikel KKN, bakal dipublikasikan melalui jurnal Pengabdian Masyarakat Unhas.

“Kita bisa bayangkan mereka belum sarjana sudah memberikan karya yang bisa dinikmati oleh masyarakat, apalagi kalau mereka sudah sarjana pasti akan lebih berkreasi lagi,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Muhammad Ruslin saat membuka kegiatan.