RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Yayasan Guru Belajar (YGB) bekerja sama dengan Bank BTPN mengadakan workshop “Pembelajaran Inovatif dan Manajemen Finansial yang Kuat” bersama Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN) Makassar di Gedung BBPMP, Minggu (6/10/2024).

Program ini bertujuan untuk memperkuat kualitas guru di Indonesia dalam hal finansial dan inovasi pembelajaran, demi menciptakan pembelajaran yang lebih efektif dan mendukung perkembangan murid.

Workshop ini merupakan bagian dari rangkaian bootcamp Guru Kreatif Cerdas Finansial (GKCF) yang telah berlangsung secara daring sejak sebulan yang lalu.

Pada kegiatan luring yang dilaksanakan sehari setelah Hari Guru Sedunia, 58 peserta yang lolos seleksi dari 1000 guru se-Indonesia ditantang untuk melakukan uji coba purwarupa media ajar terkait literasi finansial yang telah dirancang. Media pembelajaran tersebut bukan untuk murid, melainkan untuk sesama guru.

Tantangan ini muncul karena kesulitan guru dalam mengelola keuangan pribadi. Meskipun memiliki berbagai sumber pendapatan, banyak dari mereka tidak memiliki kemampuan mengatur keuangan.

Rizqy Rahmat Hani, Ketua Kampus Pemimpin Merdeka unit YGB, menyampaikan terima kasih kepada para stakeholders yang mendukung para guru melalui kegiatan yang sangat bermanfaat serta pemberian beasiswa belajar.

“Saya pribadi sangat senang melihat refleksi yang ditulispeserta setiap pasca sesi daring. Terlihat sekali ada keinginanuntuk menjadi guru yang terus belajar untuk murid, bahkantidak hanya murid tapi untuk ekosistem yang lebih luas, untuk sesama guru,” kata Rahmat.

“Oleh karenanya, di workshop luring ini, pesertamendapat tantangan membuat media ajar yang bisa digunakanbelajar untuk guru,” lanjutnya.

Pada sesi uji coba purwarupa, peserta dibagi menjadi kelompok keenam orang. Setiap anggota kelompok berkesempatan memperkenalkan media ajar yang mereka rancang kepada anggota lainnya.

Kegiatan ini memberikan penilaian berdasarkan rubrik yang telah disiapkan oleh pemilik media ajar tersebut.