RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) memberikan edukasi safety riding #Cari_Aman untuk pegawai PT Bungasari Flour Mills Indonesia, Senin (7/10/2024).

Instruktur Safety Riding Asmo Sulsel, Oging Adria Fitra, mengungkapkan bahwa hal ini sebagai upaya menjaga keselamatan pekerja ketika berada di jalanan.

“Para pekerja di PT Bungasari Flour Mills Indonesia in ikan mobilitasnya cukup tinggi ya. Mereka banyak yang menggunakan sepeda motor juga. Perlu kiranya kemampuan dasar dalam mengendarai sepeda motor,” ungkap Oging.

Oging memberi saran kepada para karyawan di PT. Bungasari Flour Mills Indonesia untuk memperhatikan berbagai hal dalam berkendara. Pertama, ia tekankan pada kondisi pengendara itu sendiri.

“Jangan berkendara jika benar-benar badan tidak mampu, atau sedang sakit. Jika perjalanan jauh, perhatikan waktu istirahat,” ujarnya.

Oging melanjutkan, kondisi sepeda motor harus jadi perhatian serius. Cek rutin sepeda motor menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan.

“Hal-hal yang mungkin dianggap sepele, seperti lampu, rem, tekanan angin ban perlu diperhatikan,” kata dia.

Tidak hanya kondisi pengendara, maupun kondisi sepeda motor yang perlu diperhatikan. Kelengkapan berkendara, menjadi satu hal yang tidak boleh dilupakan.

“Ingat selalu gunakan helm saat berkendara. Kemudian, sarung tangan, jaket, sepatu itu penting juga,” ucap Oging.

Oging berharap edukasi yang diikuti oleh 37 orang di PT. Bungasari Flour Mills juga memberi manfaat. Manfaat edukasi tersebut juga bisa ditularkan kepada orang-orang terdekat mereka, keluarga mereka, teman terdekat mereka.

“Dari puluhan orang tersebut, harapannya bisa bertambah menjadi ratusan orang, dengan bantuan teman-teman yang telah teredukasi tentang keselamatan berkendara. #Cari_Aman harus selalu diutamakan,” ungkapnya.

Ia mengatakan Asmo Sulsel selalu terbuka untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menggencarkan edukasi safety riding.

“Kami terbuka kolaborasi dengan pemerintah, pihak swasta, dan berbagai pihak lainnya untuk mengkampanyekan #Cari_Aman,” kata Oging.