RAKYAT.NEWS, PANGKEP – Pekan Raya Jurnalistik (PRJ) 2024 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Alauddin Makassar, menaruh perhatian khusus pada isu lingkungan.

Sebagai bagian dari rangkaian acara PRJ yang akan berlangsung pada Desember mendatang, penanaman sebanyak 1.900 pohon bakau dilakukan di Dusun Binangatoa, Desa Bontomanai, Kecamatan Labbakkang, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sabtu (5/10/2024).

Penanaman ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya melindungi garis pantai dari ancaman abrasi. Selain itu, menanam bakau ini juga juga merupakan upaya dalam rangka mitigasi bencana.

“Agar dapat memberikan perlindungan alami terhadap dampak buruk yang mungkin timbul akibat perubahan lingkungan,” kata Ketua Panitia, Nur Hikmah Anugrah Ayu, Sabtu (5/10/2024).

Kegiatan ini mendapat respons positif dari pemerintah setempat. Menurut Kepala Desa Bontomanai, H Erwin, penanaman bakau menjadi upaya untuk meningkatkan Karbon Dioksida (CO2) pada lingkungan untuk jangka panjang.

“Mungkin tidak sekarang kita menikmati manfaat dari penanaman bakau ini, tapi untuk anak cucu kita beberapa tahun yang akan datang akan merasakan manfaatnya,” tuturnya.

Seluas 20 hektar dari rentang wilayah Desa Bontomanai, diperuntukkan bagi penanaman bakau. Namun, sampai saat ini, hanya 0,3% dari area tersebut yang berhasil dilakukan penanaman.

“Semoga penanaman bakau ini bisa bertahan setidaknya 500 pohon dari 1.900 yang ditanam,” harapannya.

 

Penulis: Siti Ulwiyah (UIN Alauddin Makassar)