RAKYAT.NEWS, BANTAENG – Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) melakukan pembelajaran safety riding untuk siswa SMA N 1 Bantaeng, Sulawesi Selatan, pada Rabu (25/9/2024). Tujuannya adalah untuk mengurangi kecelakaan di jalan.

Pengajar Safety Riding Asmo Sulsel, Oging Adria Fitra menjelaskan bahwa pembelajaran ini sangat penting bagi siswa, terutama bagi yang baru memiliki izin mengemudi.

“Usia mereka pada saat masuk SMA merupakan usia awal mereka mendapat SIM (Surat Izin Mengemudi). Tentunya edukasi keselamatan berkendara ini jadi bekal yang penting untuk mereka,” kata Oging.

Oging menyoroti hal-hal penting saat mengendarai motor. Termasuk penggunaan perlengkapan seperti helm, sarung tangan, sepatu, dan lainnya. Selain itu, aspek kendaraan seperti kondisi mesin, rem, lampu, dan lainnya juga perlu diperhatikan.

“Kondisi dari pengendara juga sangat penting. Harus dipastikan saat berkendara dalam kondisi sehat. Jika berkendara saat jarak jauh, jika badan sudah benar-benar lelah harus beristirahat dahulu,” ucapnya.

Ia menegaskan bahwa Asmo Sulsel akan terus mempromosikan pembelajaran keselamatan berkendara ini. Harapannya, para peserta dapat mengimplementasikannya dengan baik.

“Sampai akhirnya, tentu sesuai harapan bersama, angka kecelakaan selanjutnya bisa ditekan. Ini memang tidak bisa cepat, perlu edukasi secara bertahap. Tentunya juga perlu peran serta dari berbagai pihak,” ungkap Oging.

Oging menekankan bahwa Asmo Sulsel selalu siap memberikan pembelajaran keselamatan berkendara kepada masyarakat umum.

“Kami selalu terbuka baik dengan instansi pemerintah, lembaga pendidikan, maupun pihak swasta,” tutupnya.