RAKYAT.NEWS, BULUKUMBA – Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) memberikan tips penting bagi pengendara sepeda motor yang harus melewati jalan sempit. Hal ini karena berkendara di jalan sempit memerlukan tingkat kewaspadaan yang lebih.

Instruktur Safety Riding dari Asmo Sulsel, yaitu Oging Adria Fitria, menekankan pentingnya meningkatkan fokus dan kehati-hatian saat berkendara di jalan yang sempit.

“Ketika mengendarai sepeda motor di jalan yang sempit, maka tingkat kesulitan dalam berkendara pun menjadi harus lebih fokus dan berhati-hati,” kata Oging, Sabtu (14/9/2024).

Meskipun sepeda motor dikenal dapat melewati berbagai jenis jalan, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan seksama.

“Sepeda motor bisa melewati jalan raya, jalan pedesaan, pengunungan, sampai jalan-jalan sempit, tapi perlu diperhatikan juga ketika melewati jalan sempit,” ungkap Oging.

Oging menyebutkan ada lima hal yang perlu diperhatikan saat melewati jalan sempit. Pertama, pengendara sepeda motor sebaiknya tetap berada di jalur kiri. Posisi motor di sisi kiri akan memudahkan pengendara lain yang melintas di jalan yang sama dan arah yang berlawanan.

“Penggunaan jalur kiri adalah keputusan yang sangat bijak bagi para pengendara sepeda motor,” ungkap Oging.

Hal kedua adalah menjaga jarak dengan kendaraan lain. Menjaga jarak saat berkendara sangat penting untuk keselamatan pengendara dan pengguna jalan lainnya, terutama di jalan dengan kondisi turunan, tanjakan, atau belokan.

Mengenai kendaraan, penting untuk memperhatikan kondisi sistem pengereman. Sebelum berkendara di jalan sempit, pengendara disarankan untuk mendinginkan sistem pengereman untuk menghindari risiko rem terbakar atau kehilangan fungsi pengereman.

Kontrol kecepatan berkendara juga merupakan hal yang tidak boleh diabaikan. Mengatur kecepatan adalah kunci keselamatan saat melintasi jalan sempit, sehingga pengendara selalu aman dan terhindar dari kecelakaan.

“Terakhir, sebisa mungkin hindari jalan sempit. Umumnya jalan yang sempit itu mendapatkan penerangan yang minim, sehingga jarak pandang pengendara pun menjadi terbatas. Maka dari itu pastikan kendaraan mempunyai lampu sepeda motor yang baik atau sesuai standarnya,” kata Oging.