RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin (Unhas) akan menghadirkan Seminar Internasional yang akan membahas Prinsip & Karakter Bugis-Makassar oleh 4 tokoh pemimpin asal Sulawesi Selatan di Indonesia.

Kegiatan Seminar Internasional ini memiliki tema “4 Ethos, 4 Jusuf” dan akan dirangkaikan dengan Dies Natalies Unhas yang ke-68 di Hotel Unhas Convention, Makassar, Senin (2/9/2024).

Rektor Universitas Hasanuddin, Prof Jamaluddin Jompa, mengungkapkan bahwa dalam Seminar Internasional tersebut, keempat tokoh Sulsel yang bakal dibahas tersebut antara lain yaitu Syeh Yusuf, Jenderal M Jusuf, Bacharuddin Jusuf Habibie, dan Jusuf Kalla.

“Empat tokoh ini sangat penting untuk kita apresiasi dan jadikan pembelajaran. Keempat Jusuf ini diberi kesempatan menjadi pemimpin nasional, maka semuanya kita beda menjadi empat etos,” kata Jamaluddin Jompa yang dikenal dengan sebutan Prof Jeje di Rektorat Unhas, Kamis (15/8/2024).

Prof Jeje menambahkan, bahwa dirinya tentu mengapresiasi hadirnya Seminar Internasional yang bakal mengkaji terkait dengan 4 tokoh Jusuf asal Sulawesi Selatan tersebut.

“Ada pesan-pesan moral sebagai penyemangat kita sebagai bangsa besar dan melalui Sulsel itu kita bangga punya tokoh-tokoh luar biasa yang menjadi contoh yang baik,” terangnya.

“Kita berharap Seminar Internasional ini memberikan penghormatan bagi beliau yang menjadi tokoh Sulsel dan tokoh nasional,” harapnya.

Salah satu pembicara dalam Seminar Internasional Unhas nanti, Prof Hamid Awaluddin, menuturkan bahwa ide dasar kegiatan ini berdasarkan kearifan lokal Sulawesi Selatan yang terbagi menjadi 4, yaitu Kejujuran, Keberanian, Kecerdasan hingga Kekayaan.

“Kejujuran yang biasa kita terjemahkan integrity, kemudian keberanian, serta kecerdasan dalam etos bugis makassar itu selalu disimbolkan dengan to panrita artinya pendeta. Kemudian Assogireng yang artinya kekayaan, namun tidak hanya dalam harta, melainkan ide gagasan dan inovasi,” paparnya.