RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Setiap manusia dibumi ini dianjurkan untuk selalu berbuat kebaikan. Karena, itu sebuah keniscayaan yang sudah dianjurkan oleh semua agama termasuk Islam.

Seringkali orang lain sering menyalahpahami apa yang kita lakukan, bahkan berbuat baik sekalipun. Akan selalu ada perspektif yang berbeda dari apa yang kita lakukan pada orang lain.

Terkadang kebaikan yang telah diberikan, justru hal itu jadi boomerang bagi diri sendiri. Salah satunya, jika kita sering berbuat baik maka orang lain akan menganggap kita membutuhkannya.

Hal ini disampaikan oleh KH Buya Syakur Yasin MA melalui ceramah yang disiarkan secara publik di channel Youtube pribadinya.

Dia mengatakan bahwa semakin kita menampakkan perhatian, rasa cinta, serta kebaikan kepada orang lain maka orang tersebut menganggap bahwa kita sedang membutuhkan mereka.

“Tetapi apa yang terjadi atas dirimu adalah sebaliknya, semakin besar perhatianmu pada teman-teman yang engkau cintai mereka menduga engkau sedang membutuhkan mereka, akhirnya engkau direndahkan,” ucapnya.

Atas dasar hal tersebut, ia mengimbau agar sebaiknya perlu sesekali berhenti berbuat baik agar orang lain dapat memahami esensi dari kebaikan tersebut.

“Jadi kalau begitu, perlu sekali-kali dihentikan dulu kebaikan itu supaya mereka merasakan kebaikan itu,” lanjutnya.

Sehingga dari pesan yang dapat kita terima dari ceramahnya adalah bijaklah dalam berbuat kebaikan.