JENEPONTO – Perpustakaan di era globalisasi senantiasa berupaya melakukan perubahan dalam mengikuti arus perkembangan zaman di era digital.

Di awal tahun 2024, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jeneponto telah melakukan salah satu program kegiatan percepatan peningkatan Indeks Literasi Masyarakat melalui kegiatan kunjungan mobil perpustakaan keliling serta pembinaan, monitoring dan evaluasi pengelolaan perpustakaan di lembaga Pendidikan dan Perpustakaan Desa/Kelurahan dalam wilayah Kabupaten Jeneponto.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan pula penyerahan bantuan berupa sepatu seragam sekolah yang di berikan kepada pemustaka mobil perpustakaan keliling yang dianggap sangat layak untuk mendapatkan bantuan tersebut berdasarkan informasi dari pihak sekolah setelah melakukan kegiatan membaca buku atau literatur bacaan yang diantarkan mobil perpustakaan keliling.

Menurut Kadis Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Jeneponto, H. Nur Alim, SE, MA menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan kepada siswa yang layak mendapatkan ini adalah salah satu bentuk kepedulian kepada pemustaka khususnya pelajar.

“Semoga bantuan ini dapat menjadi pemicu dalam meningkatkan keinginan belajar siswa melalui proses membaca buku,” tutur Nur Alim.

Bantuan sepasang sepatu sekolah yang telah diserahkan kepada beberapa orang pemustaka siswa sekolah dasar tersebut adalah bantuan dari donatur yang telah menitipkan kepada Dinas Perpustakan yakni dari toko Rasyial Belokallong sebagai bentuk kepedulian sosial yang sangat berkaitan erat dengan program perpustakaan yang saat ini telah bertransformasi Inklusi Sosial.

“Semoga kedepannya ada lagi donatur donatur lainnya yang bersedia menitipkan amanah kepada kami untuk disalurkan ketengah tengah masyarakat,” tambah Hj. Syahru Rahmadani, ST.,M AP selaku Kabid Layanan dan Pengembangan Perpustakaan setelah menyerahkan bantuan”.

Penulis : Marliani. (*)